icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Langkah Dapatkan Investor Startup
Siker.id | 22 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Langkah dapatkan investor startup (siker)

siker.id - Keuangan menjadi salah satu faktor yang krusial dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis tak terkecuali sebuah startup. Tanpa adanya dana yang cukup untuk menutupi biaya operasional harian maupun bulanan, sebuah perusahaan rintisan atau startup ini tidak akan bisa bertahan lama. Oleh karena itu sudah sewajarnya sebagai pemilik startup kamu perlu menjaring siapa yang kelak dan bisa menjadi investor awal yang bisa diajak bekerjasama mengelola startup yang kamu rintis ini. Jika ingin merintis sebuah startup, ada baiknya kamu mempelajari tips berikut ini, untuk menarik minat para investor.

Baca juga: 3 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis yang Efisien

Latih kemampuan berbicara di depan publik

Jika berniat mendirikan startup, maka kamu harus mempersiapkan diri berbicara di muka publik, termasuk investor. Para investor akan tertarik dengan idemu, dan terus mengingatnya, jika kamu mampu mempresentasikan materi dengan baik. Jadi, yang terpenting di sini adalah keterampilan dalam menyampaikan gagasan yang diusung startup-mu. Oleh karena itu, kuasailah berbagai teknik public speaking. Tujuannya, agar para investor mengingat dan tertarik membiayai bisnismu.

Bergabung dengan inkubator

Jika memungkinkan, cobalah untuk bergabung dengan inkubator. Pasalnya, dengan begini maka kamu akan memberikan kesempatan bagi para investor untuk menyaksikan bisnismu berkembang dan menarik perhatian mereka untuk ikut berperan dalam berinvestasi.

Baca juga: 4 Hal Penting Dalam Membangun Etika Bisnis

Mulai dari yang kecil

Hampir sebagian besar startup yang sukses, memulai perjalanan bisnis mereka dengan pendanaan yang relatif kecil. Salah satunya adalah Airbnb. Perusahaan ini kini memiliki nilai miliaran dolar. Siapa sangka, saat pertama berdiri, perusahaan ini hanya mendapat pendanaan dari pinjaman kartu kredit para pendirinya? Saat semua kartu kredit mereka mencapai limitnya pada 2008, para pendiri Airbnb memutuskan membuat kreasi dari kotak-kotak sereal dan menjualnya pada pemilihan umum presiden Amerika Serikat ketika itu. Uang hasil penjualannya pun mereka pakai untuk mempertahankan keberadaan Airbnb. Hasilnya, para investor tertarik pada kreativitas serta inovasi Airbnb, dan startup ini terus berkembang sampai sekarang.

Sekian artikel tentang langkah mendapatkan investor startup. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Partner Bisnis Anda


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar