4 Cara Belajar Copywriting bagi Pemula
Siker.id | 22 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Cara belajar copywriting (siker)

siker.id - Copywriting yang baik penting dalam proses pemasaran karena kamu bisa meyakinkan target pelanggan atas penawaran yang diberikan produkmu, mendorong konversi, sehingga dapat meningkatkan profitabilitas dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan kamu. Itu sebabnya, banyak perusahaan saat ini mencari copywriter yang andal sebagai bagian dari tim mereka. Bila kamu ingin belajar copywriting yang baik demi menunjang karier sebagai copywriter tersebut, berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk kamu simak dan bisa kamu coba.

Baca juga: 4 Fungsi Page Layout dalam Dunia Menulis

Pelajari iklan

Salah satu cara belajar copywriting lainnya adalah dengan mempelajari iklan-iklan yang kamu lihat. Perhatikan bagaimana iklan mempromosikan produk-produk itu dan analisa mengapa kamu tertarik dengan produk tersebut. Lihat bagaimana copy atau teks pada iklan dikemas dan perhatikan pola-pola yang ada. Dengan menaruh minat pada bagaimana cara copy di dalam iklan dikemas, kamu bisa semakin memahami penerapan copywriting dalam materi-materi pemasaran yang menarik.

Buatlah swipe file

Tidak hanya menuangkan ide yang ada di kepala, kamu juga bisa menuliskan copy dari iklan-iklan yang menarik perhatian kamu di atas kertas dan mengumpulkannya ke dalam sebuah swipe file. Swipe file adalah sebutan untuk kumpulan copy yang menurutmu menarik dan benar-benar berhasil menggerakkan kamu sebagai audiensnya. Contohnya bisa berupa kumpulan headline yang menarik perhatian, atau copy pada iklan yang menurutmu menjual. Kumpulkan semua ini dalam koleksi swipe file kamu lalu pelajari struktur, tujuan hingga penerapan teknik copywriting yang baik dan menarik.

Baca juga: 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

Kuasai kemampuan dasar copywriting

Tidak cukup hanya mempelajari tulisan persuasif, hal yang tak boleh dilewatkan dalam belajar copywriting adalah menguasai kemampuan dasar copywriting itu sendiri. Beberapa kemampuan dasar dalam copywriting yang harus kamu pelajari seperti cara menulis headline, menulis proposisi nilai, landing page, email marketing, iklan dan naskah video.

Berlatih menulis secara rutin

Agar kamu bisa mengasah kemampuan copywriting dengan maksimal, cobalah untuk secara aktif berlatih menulis terus menerus. Cobalah untuk menuangkan ide dengan menulis langsung dengan menggunakan pena dan kertas. Dengan melakukan ini kamu bisa menemukan gaya penulisanmu sehingga saat harus membuat copy, kamu bisa dengan lebih mudah memproyeksikan ide dan suara di dalam pikiran ke dalam tulisan.

Sekian artikel tentang cara belajar copywriting bagi pemula. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Manfaat dari Melakukan Hobi Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar