3 Tips Jitu Lolos Seleksi BUMN
Siker.id | 22 Apr 2022 07:00


Bagikan ke
Tips lolos seleksi BUMN (siker/smartlegalacademy.id)

siker.id - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki oleh negara, baik sebagian maupun sepenuhnya. Ada banyak perusahaan yang termasuk BUMN di Indonesia, seperti Pertamina, Bank BNI, PLN, dan lainnya. Dikenal sebagai perusahaan bonafide, BUMN ternyata banyak jadi incaran para pencari kerja. Bagaimana tidak, BUMN menawarkan fasilitas maupun jenjang karier yang sangat menjanjikan. Meski begitu, seleksi masuk BUMN terbilang cukup sulit. Maka dari itu, bagi kamu yang tertarik melamar ke perusahaan BUMN, sebaiknya ketahui tipsnya terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Posisi Dan Jenjang Karir Di Bank

Persiapkan diri untuk mengikuti serangkaian tes

Setelah lolos seleksi administrasi, para pelamar akan melalui beberapa tahapan berikutnya, yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD ) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar para pelamar, seperti verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis. Sementara TKB bertujuan untuk menguji para calon pegawai BUMN, apakah kompetensi mereka sesuai dengan posisi yang dilamar atau tidak. Hanya pelamar dengan nilai terbaiklah yang akan lolos ke tahap berikutnya. Maka dari itu, persiapkan dirimu untuk mengikuti tes tersebut sebaik mungkin. Kamu bisa mulai mencari tau contoh soal TKD dan TKB lewat buku, internet, atau program yang diselenggarakan oleh rumah belajar.

Cari tau latar belakang perusahaan dan posisi yang kamu lamar

Usahakan untuk melamar ke perusahaan BUMN impianmu, tidak melamar hanya dengan menebak-nebak atau iseng semata. Jika menemukan lowongan di posisi yang sesuai dengan kualifikasi, tapi kamu tak familier dengan perusahaan BUMN tersebut, cobalah untuk mencari tahu latar belakang dari perusahaan, seperti jenis dan sejarah perusahaan. Selain itu, kuasai juga kompetensi dari posisi yang kamu lamar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu memahami perusahaan dan jobdesc yang mungkin nanti akan ditanyakan rekruter saat proses interview.

Baca juga: 3 Manfaat Menyalurkan Hobi untuk Kemajuan Karir

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan

Medical Check Up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan juga jadi salah satu tahapan dalam proses seleksi masuk BUMN. Oleh karenanya, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan agar pada saat MCU dilaksanakan, kamu berada dalam kondisi yang bugar. Beban dan lingkungan kerja di suatu perusahaan bisa saja tidak cocok bagi beberapa penderita gangguan kesehatan dan mungkin dapat memperparahnya. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui gangguan kesehatan yang mungkin dialami calon pegawai.

Sekian artikel tentang tips bisa lolos seleksi BUMN. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar