4 Tujuan Dibentuknya OJK
Siker.id | 21 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Tujuan adanya OJK (siker/source. www.ojk.go.id)

siker.id - OJK adalah singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan. Di Indonesia, OJK adalah sebuah lembaga yang bersifat independen yang memiliki tugas untuk mengawasi dan mengatur jalannya aktivitas yang meliputi keuangan di beberapa sektor di Indonesia. Lembaga ini tidak terikat atau bekerja di bawah naungan instansi lain, karena itulah ia bersifat independen. Meski seringnya OJK disamakan dengan tugas BI (Bank Indonesia), namun OJK memiliki peran yang berbeda dengan beberapa batasan-batasan tertentu. Selain itu, OJK memiliki tujuan dan wewenang yang tidak sama dengan Bank Indonesia. Berikut beberapa tujuan dari dibentuknya OJK.

Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Menjaga hak masyarakat yang berkaitan dengan sektor keuangan

Lembaga OJK berperan penting dalam menjaga keseimbangan hak dan kewajiban masyarakat dengan pihak pelayanan jasa keuangan. Tujuan OJK menekankan pada poin dimana perusahaan penyedia harus turut menjaga keamanan dan kepercayaan konsumen yang bergabung. Namun pada sisi konsumen, terdapat pernyataan dan syarat yang perlu dipahami sebelum menyetujui saat pertama kali bergabung atau mendaftar pada sebuah lembaga keuangan.

Mengembangkan sistem keuangan di Indonesia

Lembaga OJK juga bertugas membuat inovasi di sektor keuangan, sehingga sistem yang ada dapat terbarui dan semakin berkembang. OJK memiliki hak untuk mengambil keputusan mengenai hal-hal yang terkait dengan lembaga keuangan non bank maupun bank itu sendiri.

Menciptakan aktivitas keuangan yang transparan, adil, akuntabel, dan teratur

Untuk mencapai tujuan OJK yang telah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, maka diperlukan adanya transparansi dan keadilan dari pihak lembaga sektor keuangan dalam laporan serta kegiatan yang dilakukan. Disinilah peran OJK sebagai pengawas yang memonitor aktivitas dan laporan keuangan yang akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai lembaga independen, OJK perlu bertindak adil dan memastikan bahwa jasa keuangan di Indonesia telah berlaku adil dengan aktivitas keuangan yang teratur.

Baca juga: 3 Tips Hemat Keuangan saat Lebaran

Terciptanya sistem keuangan yang bertumbuh serta stabil di Indonesia

Melihat banyaknya aplikasi dan instansi di sektor keuangan yang bermunculan, tentu perlu adanya peraturan yang mengatur kegiatan mereka. Tujuannya agar tidak ada hal yang merugikan semua pihak dan mengarahkan sistem keuangan mereka dapat stabil bahkan bertumbuh setiap waktu. Hal tersebut menjadi salah satu tujuan adanya instansi OJK di Indonesia.

Sekian artikel tentang 4 tujuan dibentuknya OJK. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Kriteria Khusus Karyawan Keuangan atau Bendahara


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar