4 Alasan Generasi Milenial Sering Pindah Tempat Kerja
Siker.id | 24 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Generasi milenial belakangan ini mendapat pandangan bahwa sering atau mudah sekali berpindah tempat kerja, meski memiliki karir kerja yang bagus di perusahaan. Fenomena semacam ini sering kali disebut sebagai job hopper atau kutu loncat istilah di Indonesia.

Sebenarnya, terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa milenial sering kali pindah kerja. Tak jarang, penyebabnya sebenarnya adalah suasana kantor yang kurang baik.

Sebelum berasumsi lebih jauh, beberapa penyebab milenial sering kali berpindah kerja berikut ini.

Baca juga : 3 Alasan Berhenti Bersikap Tidak Enak pada Rekan Kerja

1. Kesempatan kerja

 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa milenial sering kali berpindah kerja karena merasa adanya kesempatan kerja yang lebih baik. Kesempatan ini tidak semata-mata mengenai gaji, namun juga potensi pengembangan kariernya.

Cukup banyak milenial berhenti dari tempat kerjanya karena merasa tidak dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik. Dengan menawarkan kesempatan kerja yang lebih, tak heran bila milenial berani untuk berpindah ke tempat kerja lainnya. 

2. Ingin diakui kinerjanya

Dengan teknologi dan kemudahan akses informasi, milenial cenderung dapat mempelajari berbagai keahlian dengan cepat. Semakin ketatnya persaingan kerja, milenial semakin merasa perlu untuk meningkatkan kemampuannya.

Inilah yang sering dianggap remeh di tempat kerja. Sering kali, milenial tidak mendapatkan kesempatan karena dianggap masih terlalu muda.

Baca juga : 3 Alasan Harus Berpindah Jalur Karir

3. Lingkungan kerja yang tidak suportif

Memang, dalam bekerja seseorang haruslah dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Namun, ada kalanya justru lingkungan tersebut yang kurang suportif.

Terlalu jelas tingkat senioritasnya dan berbagai hal lain dapat menjadi penyebab. Bahkan, mendapat beban kerja tinggi dengan upah yang tak sepadan juga bisa menjadi penyebabnya.

4. Lokasi

 

Meskipun milenial cenderung masih muda dan fit, tak jarang penyebab milenial untuk pindah kerja adalah lokasi. Mencari kerja dengan lokasi yang dekat dengan tempat tinggal memang menyenangkan.

Tak hanya itu, terkadang milenial cenderung pula mencari kerja yang mendukung kerja remote, sehingga bisa bekerja di manapun. Hal ini karena milenial cenderung lekas bosan dengan lingkungan yang monoton. 

Demikian artikel ini membahas tentang alasan generasi milenial berpindah tempat kerja. Apabila ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Alasan Perlunya Istirahat pada Akhir Pekan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar