Baper Di Marahin Bos? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Emosimu
Siker.id | 23 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Saat bekerja pastinya tak lepas dari omelan atasan karena pernah membuat kesalahan. Merasa dirimu direndahkan dan menyulut emosi negatif seperti marah, kesal, kecewa, dan sebagainya.

Siapa sih yang mau kena marah atasan? Meski kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengerjakan tugas dari atasanmu, bukan berarti kamu lepas dari sebuah kesalahan. 

Meski mengelola emosi karena dimarahin atasan itu tidak mudah, tetapi baiknya kamu mulai belajar untuk menenangkan diri dan meredam emosi. Dibawah ini ada tips dimana kamu bisa mulai belajar untuk mengelola emosimu.

Baca juga : Tips Untuk Mencantumkan Sertifikat Di CV Fresh Graduate

1. Cari dan pahami akar masalahnya

Segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebab dan ada akibatnya. Ketika Bos marah, kamu jangan terburu-buru terbawa emosi. Boleh jadi kemarahannya pasti ada yang melatarbelakanginya. Bila kamu terpancing emosi, omongan bos tidak bisa kamu perhatikan dengan baik dan benar. Justru hal itu malah makin merugikanmu.

Apabila kamu berusaha meredam emosi maka saat bos marah sekalipun, kamu masih bisa menangkap poin-poin dibalik kemarahannya. Boleh jadi kamulah yang memang melakukan kesalahan. Maka, janganlah menganggap kemarahannya bos sebagai sentimen pribadi.

2. Menenangkan diri

Ada baiknya kamu belajar untuk tenang dalam menghadapi segala kendala dalam pekerjaan. Caranya mudah, kamu tinggal tarik nafas panjang dan dalam, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan itu berulang-ulang sampai kamu merasa tenang.

Perlu diingat bahwa bekerja di manapun kamu tetap akan menemukan masalah, tak terkecuali kena marah atasan. Kuncinya adalah bersikap tenang, tidak bereaksi berlebihan atau marah pada diri sendiri.

Baca juga : Tips Untuk Mencantumkan Sertifikat Di CV Fresh Graduate

3. Fokuslah pada perbaikan kinerja

Sebagai seorang atasan biasanya memiliki memori yang tajam. Apalagi jika kamu sampai masuk ke dalam lubang yang sama atau melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Fokuslah untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ditunjukan bosmu jika ingin masa depan karirmu bersinar. Tingkatkan disiplin kerja dengan datang tepat waktu, tugas diselesaikan sesuai perintah dan deadline.

Ketika kamu mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas saat bekerja, maka bosmu pun akan senang dan catatan buruk jadi berkurang.

4. Ceritakan masalahmu pada orang yang dapat dipercaya

Siapa sih yang ingin disemprot oleh bos? Pasti tidak ada mau, karena itu bisa merusak mood. Tapi, bila itu terjadi benar dengan kamu, menceritakannya kepada rekan kerja yang dapat dipercaya bisa membantu meredam emosi dan memperbaiki mood kamu.

Ingat ya! teman kerja yang bisa dipercaya. Sebab, ketika kena marah bos terus kamu cerita ke sembarang orang, bukannya membantu malah kena adu. Tambah runyam deh kalau begitu. Kalaupun harus cerita, ada baiknya curhatnya tidak dengan teman sekantor.

5. Lupakanlah

Jika memang kamu ternyata tidak salah kemudian sering kena semprot bos atau punya bos yang semena-mena, usahakan jangan terpancing, lebih-lebih konfrontasi. Bersikaplah tenang dan tetap jaga profesionalitas.

Belajarlah untuk tidak menyimpan rasa sakit hati bila kamu tidak ingin jadi pendendam. Termasuk ketika dimarahi bos, usahakan tidak terlalu dibawa perasaan sehingga hatimu tidak terluka. Lupakan. Lagi pula ini bukan masalah pribadi, tapi soal pekerjaan.

Demikian tips untuk mengatasi emosimu ketika dimarahi oleh atasan, semoga dapat membantu kamu ya dalam meredam emosi. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Perbanyak Followers Instagram dengan Mudah


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar