9 Fasilitas Untuk Karyawan Yang Wajib Selain Gaji
Siker.id | 22 Apr 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi asuransi kesehatan (siker.id/freepik)

siker.id - Perusahaan korporasi ataupun startup menawarkan beberapa benefit lain selain gaji kepada calon karyawannya. Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan ini diberikan agar karyawan tetap semangat dan performa kerja tetap baik saat bekerja. Namun, fasilitas kantor ini juga berpengaruh terhadap negosiasi gaji saat wawancara dengan rekruter untuk mengetahui fasilitas lain apa saja yang dapat diharapkan.

Dibawah ini merupakan beberapa fasilitas untuk karyawan yang wajib untuk di dapatkan.

Baca juga :3 Jenis Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan

1. Tunjangan transportasi

Tunjangan transportasi juga menjadi salah satu fasilitas tambahan dari kantor yang banyak diharapkan pekerja selain gaji.

Menurut Self, jika memang disediakan, jangan lupa untuk menanyakan seperti apa bentuk benefit-nya untuk sesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Tunjangan transportasi dapat pula termasuk jaminan akomodasi untuk perjalanan bisnis yang meliputi pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, dan masih banyak lagi.

2. Tunjangan tempat tinggal

Jika jenis pekerjaan itu mengharuskan kamu bersedia ditugaskan di luar kota, penyediaan fasilitas tempat tinggal pasti juga diharapkan selain gaji. Pasalnya, benefit ini dapat memudahkan kamu untuk bisa langsung settle di tempat tersebut tanpa harus pusing berburu hunian baru terlebih dulu.

Perjelas juga seperti apa perjanjian pembiayaannya, seberapa lama kontrak berlaku, dan apa yang nantinya menjadi tanggung jawabmu. Ada baiknya negosiasi ini dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum kamu menyetujui ditugaskan ke luar kota.

3. Tunjangan teknologi

 

Tidak ada salahnya untuk menanyakan fasilitas teknologi apa yang bisa diharapkan dari kantor baru selain gaji.

Apalagi jika pekerjaanmu erat kaitannya dengan bidang IT dan digital, semisal desain grafis, programmer, software development, cyber security, content writer, atau digital marketing. Apakah benefit-nya berupa laptop atau PC pinjaman beserta perangkat pendukung lainnya?

Di sisi lain, tunjangan teknologi juga dapat berupa peminjaman handphone kantor maupun insentif uang pulsa atau kuota data internet bulanan.

4. Katering makan siang

 

Semakin maraknya jasa layanan Katering online membuat fasilitas satu ini layak diharapkan untuk disediakan kantor baru selain gaji. Kamu tidak perlu lagi repot-repot memikirkan mau makan siang apa di kantor, serta bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Beberapa perusahaan ada yang sudah memasukkan fasilitas makan siang gratis untuk karyawannya.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

5. Program pengembangan SDM

 

Sekarang ini, karyawan bisa mendapatkan workshop pengembangan diri seperti leadership trainingmanagement training, sampai skill training yang lebih spesifik seperti public speaking dan pelatihan komunikasi.

Workshop-workshop di atas diperlukan karena dapat membantu mengasah keterampilan sekaligus menjadi bekal memajukan karier ke depannya.

6. Fleksibilitas jadwal kerja

 

Setiap perusahaan memiliki aturan tentang jadwal dan waktu bekerjanya masing-masing. Namun, tidak ada salahnya buat kamu menegosiasikan ulang mengenai hal ini.

Tanyakan pula perihal kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Fasilitas WFH kini menjadi salah satu benefit yang sangat diharapkan oleh karyawan karena selain menghemat pengeluaran gaji, juga hemat waktu dan tenaga. 

Kemajuan teknologi saat ini pun juga sangat memudahkan pekerjaan orang-orang sehingga tidak harus setiap hari datang ke kantor.

7. Fasilitas khusus untuk pekerja wanita

 

Menurut UU No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 81 ayat (1), disebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan yang tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami nyeri parah (dysmenorrhea).

Sementara itu cuti hamil dapat diambil sebelum, saat, dan setelah melahirkan. Nah selain cuti khusus dan gaji, benefit lain lain yang mungkin bisa diharapkan dari kantor baru adalah fasilitas ruang menyusui dan penitipan anak atau ruang bermain anak.

Tidak semua ibu baru memiliki baby sitter atau dapat menitipkan anaknya di daycare selama ia bekerja. Maka, tidak ada salahnya untuk menanyakan soal ini.

Ruang menyusui pun tidak harus dibuatkan khusus. Jika kantor memiliki ruang kosong yang tidak digunakan, kamu mungkin bisa request untuk menggunakannya ketika harus menyusui atau memompa ASI.

8. Dukungan kesehatan mental

 

Stres, burnout, hingga depresi di tempat kerja adalah beberapa masalah mental yang rawan menghantui pekerja milenial. Selain negosiasi gaji, konfirmasi lagi mengenai bentuk dukungan dan fasilitas yang diharapkan terkait dengan kesehatan mental.

Kesehatan mental tidak boleh dianggap sepele karena ini tidak hanya menurunkan produktivitas, tapi juga mengancam kesehatan fisik pekerja di masa depan.

9. Fasilitas cuti berbayar

 

Fasilitas yang dikenal dengan paid leave ini cukup penting untuk kamu miliki. Selain itu, kompensasi yang tetap cair di waktu rehat juga dapat membuatmu merasa tenang dan kembali semangat saat harus kembali bekerja.

Maka dari itu, selalu perhatikan kontrak kerja sebelum kamu memberikan paraf. Lalu, bila fasilitas ini ternyata tidak tercantum dalam kontrak, kamu bisa langsung negosiasikan dengan pihak HRD atau atasan di perusahaan.

Demikian beberapa fasilitas yang wajib dimiliki karyawan selain gaji, semoga bisa membantu kalian ya dengan menanyakan beberapa fasilitas tersebut kepada HRD perusahaan tempat kalian bekerja.

Jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar