icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Peluang Kerja Lulusan Arkeologi
Siker.id | 17 Nov 2021 20:00


Bagikan ke
Macam-macam peluang kerja bagi Anda lulusan arkeologi. (siker)

siker.id - Arkeologi merupakan salah satu jurusan yang ditawarkan di sebuah universitas. Jika Anda sedang bingung ingin memilih jurusan apa saat ujian masuk universitas dalam waktu dekat ini, maka jurusan arkeologi dapat menjadi pilihan untuk yang tertarik belajar benda-benda peninggalan sejarah. Meskipun bukan termasuk jurusan favorit di perguruan tinggi, peluang atau prospek kerja arkeologi terbilang menjanjikan. Lantas, apa sajakah prospek kerja Arkeologi? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Buat Lulusan Teknik Alat Berat?

A. Arkeolog

Lulusan dari kuliah arkeologi adalah menjadi sarjana arkeologi. Arkeolog adalah seorang yang ahli di bidang arkeologi. Arkeolog meneliti peninggalan sejarah seperti fosil, candi, dokumen kuno, bangunan kuno, artefak, dan lain-lain. Tidak hanya di dalam negeri, arkeolog juga mempunyai peluang bekerja di luar negeri dan meneliti peninggalan sejarah di sana.

B. Jurnalis Arkeologi

Bila Anda mempunyai hobi menulis sejak mahasiswa, maka hobi ini dapat makin dikembangkan menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Sebagai lulusan jurusan arkeologi Anda bisa menjadi jurnalis arkeologi. Jurnalis arkeologi akan spesifik menulis berita dan informasi seputar arkeologi dan sejarah. Tidak banyak jurnalis bidang ini sehingga peluang pekerjaan masih terbuka lebar.

C. Sejarawan

Peluang kerja berikutnya adalah menjadi sejarawan. Bila sejarawan biasanya dikenal sebagai sosok yang sudah tua, rambut beruban dan botak, berkacamata tebal, sekarang sudah saatnya milenial tampil sebagai ahli sejarah. Muda, enerjik, dan penuh kreasi. Peluang membangun karier hingga menjadi sejarawan internasional terbuka lebar.

D. Tenaga Pengajar

Peluang atau prospek kerja arkeologi berikutnya yang dapat Anda pilih adalah menjadi seorang tenaga pengajar di universitas. Profesi ini sangat cocok buat Anda yang suka mengajar dan menyukai dunia yang berhubungan dengan keilmuan. Namun untuk menjadi dosen arkeologi, Anda perlu melanjutkan pendidikan minimal hingga jenjang S2.

Baca juga: Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya

E. Lembaga Penelitian Nasional

Prospek kerja berikutnya dari jurusan arkeologi adalah dengan bekerja di lembaga penelitian nasional seperti LIPI dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas) merupakan unit penelitian yang ada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud.

F. PNS Di Instansi Pemerintahan

Prospek kerja Arkeologi selanjutnya adalah menjadi seorang PNS di instansi pemerintahan seperti Dinas Pariwisata. Tentunya mengasyikkan jika bisa bekerja sambil jalan-jalan bukan? Tidak hanya jalan-jalan, Anda juga bertugas mengelola tempat pariwisata di suatu daerah.

G. Pengelola Museum

Profesi selanjutnya yang bisa menjadi peluang atau prospek kerja arkeologi adalah menjadi pengelola museum. Ada banyak museum di Indonesia yang belum dikelola secara maksimal. Anda bisa mengelola museum-museum tersebut dengan baik agar bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Dengan pengetahuan yang dimiliki, Anda juga bisa memberikan informasi menarik terkait benda-benda bersejarah yang ada di museum.

H. Ahli Antropologi

Lulusan arkeologi dapat juga menjadi ahli antropologi. Pekerjaan ini cocok bila Anda tipe yang menyukai fosil. Menjadi ahli antropologi memberimu kesempatan dapat traveling ke seluruh dunia sambil melakukan penelitian.

I. Pemandu Wisata Bersejarah

Peluang kerja berikutnya adalah sebagai pemandu wisata bersejarah. Apakah Kamu pernah punya keinginan untuk bekerja sambil jalan-jalan? Jika demikian, Kamu bisa berkarir menjadi seorang pemandu wisata khusus tempat bersejarah, misalnya candi, bangunan peninggalan sejarah, hingga museum.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan arkeologi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk, Simak ! Begini Prospek Kerja Lulusan Peternakan


Editor: Theo Adi -

     

TAG :