4 Alat Pendukung Kerja Fotografer
Siker.id | 20 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Alat pendukung fotografer (siker)

siker.id - Ketika ingin mengabadikan sebuah objek atau kejadian menggunakan kamera, seorang fotografer sebenarnya dapat meggunakan berbagai jenis peralatan pendukung atau alat bantu fotografi lainnya. Hal ini untuk memudahkan dan membantu seorang fotografer menghasilkan foto dengan kualitas lebih maksimal. Lalu apa saja alat-alat bantu fotografi tersebut? Secara umum, jenis-jenis alat bantu fotografi berupa alat bantu pemotretan, alat bantu pencahayaan, dan alat bantu penyimpanan serta perawatan. Berikut penjelasan macam alat bantu fotografi.

Baca juga: 4 Profesi Buat Pecinta Fotografi

Kamera DSLR Pro Level

Ketika memutuskan menjadi seorang fotografer profesional maka foto yang dihasilkan haruslah di atas rata-rata. Karena itu mutlak menggunakan kamera DSLR level high-end. Jangan ngaku sebagai fotografer profesional ketika masih menggunakan kamera entry level. Foto yang dihasilkan oleh dua kamera itu akan berbeda meski dilakukan oleh orang yang sama. Pasalnya, kamera DLSR pro level atau high-end sudah dilengkapi dengan sensor full-frame. Dengan sensor yang besar dan kuat, kemampuan dalam menghasilkan foto pun bakal lebih maksimal. Dari segi harga, sebuah kamera DLSR pro bisa berharga puluhan kali lipat dari kamera DLSR entry level.

Tripod dan Monopod

Tripod dan monopod memiliki fungsi yang sama dalam pemotretan. Keduanya berfungsi untuk penyangga kamera agar tidak terjadi goncangan (shaking) saat pemotretan berlangsung. Perbedaan keduannya adalah tripod memiliki tiga kaki penyangga, sedangkan monopod hanya memiliki satu kaki penyangga yang membuatnya terlihat lebih praktis.

Alat Fotografi Flash

Di dalam sebuah pemotretan sangat diperlukan adanya alat bantu fotografi yang berupa flash ini. Alat ini biasanya digunakan pada saat pemotretan di malam hari dengan cahaya yan sangat minim. Namun, tak jarang juga yang menggunakan flash ini pada waktu siang hari yang bertujuan untuk fill in. Flash atau biasa disebut dengan blitz ini bisa digunakan sesuai dengan jraak, kekuatan, serta fasilitas khusus yang dimiliki.

Baca juga: 3 Film Bertema Dunia Kerja dan Karir

Kabel Release

Kabel Release adalah salah satu alat fotografi yang berbentuk mirip seperti injeksi yang lentur. Kabel ini berfungsi untuk mencegah guncangan pada saat shutter ditekan. Cara penggunaan kabel ini yaitu dengan memasangnya pada soket kabel release yang biasanya terletak di tobol shutter.

Sekian artikel tentang alat pendukung kerja fotografer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Hal yang Mempengaruhi Karir Dimasa Depan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar