7 Tips Untuk Menghadapi Karyawan Suka Menuntut
Siker.id | 22 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Menghadapi karyawan ternyata tidak mudah dan belum cukup jika Anda hanya memiliki jiwa kepemimpinan saja. Karakter yang berbeda pada setiap karyawan membuat Anda sebagai pemimpin harus mengatur tim dengan baik dan handal. Karena terkadang pastinya ada karyawan yang suka mengkritik dan menuntut ini-itu tanpa menjalankan karyawan dengan baik, hingga ada yang sampai membangkang.

Berikut ini adalah tips untuk menghadapi tipe karyawan seperti ini.

Baca juga : 3 Playlist Lagu untuk Menemani Bekerja

1. Temukan Permasalahannya

Di sini, Anda dituntut untuk memandang permasalahan ini lewat sudut pandang karyawan pembangkang tersebut. Dengan begitu, Anda seakan-akan berada di posisinya. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Hal ini dilakukan demi menganalisis masalah hingga menemukan alasan utamanya.

2. Pahami Dampak Masalahnya

Pahamilah seberapa besar dampak yang akan ditimbulkan sikap karyawan yang membangkang dan banyak menuntut. Hal ini bukan hanya pada perusahaan tetapi juga para karyawan lainnya. Karyawan yang pembangkang seringkali berpengaruh pada pekerjaan.

Anda perlu memikirkan apakah ini akan berdampak pada jangka panjang jika mempertahankannya. Perhatikan juga karyawan yang bermasalah tersebut. Lalu, pertimbangkan konsekuensi masalahnya.

3. Dengarkan Pendapat Karyawan Lain

Anda boleh bertanya pada karyawan lain yang pernah berinteraksi dengan karyawan tersebut. Anda perlu mengetahui apakah mereka juga merasakan hal yang sama.

Jika ternyata hanya Anda saja yang merasakannya, mungkin ini waktunya mengevaluasi perilaku Anda sendiri.

Baca juga : 3 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis yang Efisien

4. Bicarakan Secara Empat Mata

Sebaiknya Anda tidak menegurnya di hadapan karyawan lain. Ajak ia membicarakan persoalan ini secara empat mata, bisa juga membicarakannya di luar kantor. 

Dengan begitu, pertemuan tersebut akan terkesan lebih santai dan mengurangi kesan menghakimi. Katakan juga padanya bahwa ini bukanlah masalah personal Anda dan dia, namun sudah menjadi persoalan perusahaan.

5. Tetap Tenang

Tetaplah tenang jika karyawan Anda menanggapi dengan pernyataan bernada negatif atau menantang. Jangan berdebat hanya karena Anda tidak mau kalah.

Anda harus tetap berpikiran jernih dan tanggapi dengan rasional. Jika kamu terbawa emosi, karyawan yang lain akan menyadarinya.

Justru, hal ini bisa memperburuk keadaan dan menimbulkan ketegangan. Ingat, lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

6. Beri Waktu dan Lakukan Evaluasi

Perubahan biasanya tidak terjadi dalam semalam. Segala sesuatu pasti ada proses. Tetap pantau sikap karyawan yang membangkang.

Lakukanlah evaluasi. Jika sikapnya berubah menjadi lebih baik, taka da salahnya memberi kesempatan kedua.

Namun, jika sebaliknya malah tambah parah, jangan sungkan untuk bersikap tegas.

7. Sebarkan Motivasi

Sebarkanlah motivasi setelah Anda mengetahui akar permasalahannya. Anda dapat menggunakan hal yang memotivasi mereka sebagai hadiah atau penghargaan. Tentu saja dengan syarat jika mereka meningkatkan kinerjanya.

Demikian tips untuk menghadapi karyawan yang suka menuntut, semoga dapat membantu Anda dalam menghadapinya.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :3 Tips agar Pendapatmu Bisa Didengar Rekan Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar