3 Bahasa Pemrograman yang Dipakai Programmer dalam Bekerja
Siker.id | 19 Apr 2022 20:00


Bagikan ke
Bahasa pemrograman (siker)

siker.id - Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang hanya dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang programmer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut. Jumlah bahasa pemrograman saat ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, tentu saja programmer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melakukan developing software. Dan berikut beberapa bahasa pemrograman yang digunakan programmer dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Berikut Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Web Programmer

Java

Bahasa pemrograman yang satu ini memang populer dan dapat dijalankan di berbagai platform baik melalui PC, maupun perangkat mobile. Java memiliki beberapa kelebihan seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Kemudian, Java termasuk ke dalam pemrograman OOP atau pemrograman orientasi objek, sehingga programmer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. Selain itu, keunggulan bahasa pemrograman Java adalah pada library yang lengkap sehingga memudahkan Programmer.

Python

Python termasuk bahasa tingkat tinggi dalam tingkat bahasa pemrograman. Python juga menjadi salah satu yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemrograman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunakan Python dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Radio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

Baca juga: Berikut Bahasa Pemrograman yang Dikuasai Web Programmer

PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

Sekian artikel tentang Bahasa pemrograman yang digunakan programmer dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 6 Tips Menjadi Programmer Handal


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar