4 Masalah Umum HRD Yang Sering Ditemui
Siker.id | 21 Apr 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Banyak orang berpikir bahwa posisi HRD adalah posisi yang membanggakan dan memiliki prestise. Menjadi seorang HRD berarti Anda harus siap dengan berbagai macam masalah yang menanti, entah masalah itu dari karyawan, calon kandidat, perusahaan, atau lain sebagainya.

Dibawah ini merupakan masalah HRD yang sering ditemui oleh banyak HRD pada umumnya.

Baca juga : Apa Masalah Hukum Yang Dihadapi Karyawan di Tempat Kerja?

1. Keterlibatan Karyawan

Karyawan yang terlibat secara penuh dengan perusahaan akan memiliki komitmen kuat untuk memberi kontribusi. Semakin kuat komitmen seorang karyawan, maka akan semakin lama ia tinggal untuk berkontribusi di perusahaan tersebut. Hal ini akan menguntungkan Anda sebagai HRD.

Bayangkan jika keterlibatan karyawan menurun dan ia keluar dari perusahaan, maka perusahaan akan kehilangan tenaga berbakatnya. Sebagai HRD, Anda wajib mencari pengganti yang berkualitas. Memasang iklan, melakukan perekrutan, screening CV, wawancara, menyaring kandidat, dan proses lainnya yang tentunya akan menambah beban pekerjaan Anda.

2. Hubungan Antara Karyawan

Menjaga hubungan yang harmonis di kalangan karyawan juga menjadi tugas seorang HR. Belum lagi jika ada karyawan yang mengadu hal ini dan itu kepada Anda. Sebagai HR, Anda dituntut untuk bisa menemukan jalan keluar jika terjadi perselisihan di antara karyawan.

Sedangkan, di sisi lain, Anda juga harus menghitung gaji dan sebagainya. Memainkan peranan ganda seperti ini juga menjadi masalah sulit yang harus diselesaikan oleh seorang HR.

Baca juga : Berikut Tips Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

3. Kurangnya Integrasi Sistem

Hal ini terjadi ketika perusahaan tempat Anda bekerja memakai sistem yang berbeda untuk masing-masing proses, mulai dari rekrutmen, penggajian, manajemen bakat, dan masih banyak lagi. Hal tersebut pasti akan membuat Anda pusing.

Belum lagi jika harus menyalin data, menyusun laporan mingguan, dan lainnya. Ditambah lagi, karena sistem yang digunakan terlalu banyak, maka kemungkinan bisa muncul error akibat tidak adanya sumber data yang menjadi pusat acuan. 

4. Gangguan Sosial Media

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk merekrut karyawan baru. Social tools juga demikian, akan memudahkan karyawan menerima feedback langsung dari atasan sehingga bisa segera meningkatkan produktivitas dan performa.

Namun, ada kalanya jejaring sosial dapat menjadi ancaman bagi perusahaan. Seorang karyawan bisa secara tidak sengaja membocorkan rahasia perusahaan atau bercerita mengani kondisi lingkungan kerja yang itu tidak semestinya diketahui orang di luar perusahaan. Tugas seorang HR adalah mengontrol hal tersebut agar tidak terjadi dengan cara membuat kebijakan terkait.

Demikian beberapa masalah umum HR yang seringkali ditemui saat bekerja, meskin mungkin di mata banyak orang seorang HR memiliki pekerjaan yang menyenangkan, tetapi untuk beban kerja yang didapatkan sama sekali tidaklah main-main.

Sekian artikel ini menjelaskan, apabila ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Cara Mengatasi Jika Naik Jabatan Timbul Masalah


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar