7 Posisi Dan Jenjang Karir Di Bank
Siker.id | 21 Apr 2022 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Menjadi seorang pegawai bank adalah salah satu incaran bagi fresh graduate maupun orang-orang yang sudah berpengalaman bekerja. Selain itu, pegawai bank banyak jenis dan posisinya. Tinggi rendahnya suatu posisi juga bergantung dari background pendidikan, kinerja, dan masa kerja.

Beriku ini adalah posisi pegawai di bank.

Baca juga : Manfaat TOEFL Dalam Dunia Kerja

1. Teller

Posisi ini paling akrab dengan masyarakat karena pekerjaannya memang berhubungan langsung dengan nasabah. Tugas utama teller adalah melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin melakukan berbagai transaksi keuangan. 

Nasabah yang akan melakukan penarikan, penyetoran, pemindahbukuan dana antarrekening akan dilayani teller. 

2. Customer Service

Di meja depan, selain teller juga ada costumer service atau CS. Customer service ini punya lingkup layanan yang cukup luas, mulai dari melayani aplikasi yang diajukan nasabah, penjualan produk perbankan, hingga menjaga hubungan baik antara nasabah dengan bank. 

3. Staff Back Office (BO)

Selain pegawai bank yang bekerja di depan dan berhadapan langsung dengan nasabah, ada juga pegawai bank yang bekerja di ‘balik layar’ alias back office. Mereka mengurusi pembukuan atau hal-hal lain yang sifatnya administratif. 

Ada banyak posisi di back office ini, seperti kliring, petugas IT, bagian administrasi pinjaman, sampai bagian SDM dan logistik. 

Baca juga : Berikut Tips Menentukan Gaji atau Jabatan dalam Karir

4. Account Officer (AO)

AO atau lebih akrab disebut mantri adalah pegawai bank yang berperan sebagai sales atau marketing. AO lah yang bertugas mencari nasabah kredit atau pinjaman dan melakukan pemasaran produk bank seperti kartu kredit, pinjaman, KPR, hingga pinjaman modal usaha. 

Jika dapat calon nasabah, AO juga masih perlu menganalisis kemampuan bayarnya agar pelunasan tidak terkendala. 

5. Sales Officer

Pekerjaan seorang sales officer lekat dengan penjual produk perbankan, seperti mikro kredit, kartu kredit, hingga KPR. Seorang sales perlu mencari nasabah baru dan menawarkan produk-produk baru. Dengan pekerjaan seperti ini, seorang sales perlu punya kemampuan komunikasi yang baik. 

6. Funding Officer

Funding officer bertugas mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya. Dana ini yang akan diputar lagi oleh bank untuk disalurkan sebagai kredit kepada nasabah. 

7. Auditor

Posisi ini bertugas memastikan apakah kerja karyawan sesuai dengan prosedur atau tidak. Jika ada pekerjaan yang tidak sesuai prosedur, maka auditor akan memasukkannya sebagai temuan. Temuan ini nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan pemberian rekomendasi kepada pimpinan

Nah, itu dia beberapa posisi dan jenjang karir jika kalian ingin bekerja di bank, semoga dapat membantu kalian ya dalam menentukan berkarir. Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Beberapa Manfaat Membangun Relasi Di Dunia Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar