Tips Untuk Mencantumkan Sertifikat Di CV Fresh Graduate
Siker.id | 20 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Memiliki cukup banyak sertifikat, sebagai fresh graduate tentunya harus tetap memperhatikan untuk memilih dan yang prioritas untuk mencantumkan sertifikat tersebut di dalam CV. Pasalnya, CV-mu malah menjadi tidak efektif jika salah memilih sertifikat yang dicantumkan.

Nah, ini dia tips sertifikat apa saja yang dicantumkan di CV kamu. 

Baca juga : Tips Menjaga Performa Kerja Agar Tidak Mager Di Musim Hujan

1. Pilih sertifikat yang memang diminta ketika melamar pekerjaan

Ini adalah hal yang paling penting ketika melamar pekerjaan. Terkadang, perekrut mensyaratkan pelamar untuk memiliki sertifikat tertentu. Biasanya, ini digunakan untuk posisi-posisi yang membutuhkan keahlian khusus.

2. Pilih sertifikat yang sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar

Jangan asal memilih sertifikat untuk ditulis di CV. Pasalnya, tidak semua dokumen tersebut sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar.

Oleh karena itu, pilihlah sertifikat yang memang benar-benar sesuai dengan bidang industri yang akan kamu lamar.

Baca juga : Tips Menjaga Performa Kerja Agar Tidak Mager Di Musim Hujan

3. Pilih sertifikat yang dapat memamerkan kemampuan kamu

Dalam beberapa kesempatan, sertifikasimu dapat digunakan untuk membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan berharga tertentu di luar apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan yang kamu lamar.

Misalnya, jika kamu melamar pada posisi web developer dan mencantumkan sertifikasi mobile web specialist di CV kamu, recruiter akan tahu bahwa kamu memiliki kemampuan lebih, yang dapat meningkatkan peluang kamu untuk melakukan wawancara.

4. Pilih sertifikat yang dapat memamerkan prestasi atau pencapaian

Sebagai fresh graduate, tentunya kamu memiliki berbagai pengalaman selama menjadi mahasiswa, entah itu di bidang akademik maupun nonakademik.

Jika memiliki prestasi atau pencapaian tersebut, kamu bisa mencantumkan sertifikat tersebut di dalam CV. Kamu juga bisa mencantumkan sertifikat workshop atau proyek ilmiah, yang pernah diikuti.

Demikian tips yang bisa membantu kamu fresh graduate dalam mencantumkan sertifikat di dalam CV, semoga dapat membantu kamu ya dalam melamar pekerjaan. Sekian, jika ada kritik dan saran bisa di tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Berhemat saat Bulan Puasa


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar