icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Fresh Graduate? Ini Tips Untuk Memulai Karir
Siker.id | 20 Apr 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Fresh graduate memang tidak selalu mulus dalam memulai karir. Para fresh graduate harus punya kegigihan dan usaha dalam mengejar karirnya untuk mendapatkan pekerjaan idaman. Perlu juga memiliki strategi yang baik agar mimpinya bisa tercapai. 

Berikut ini adalah tips penting dalam memulai karir untuk fresh graduate.

Baca juga : 4 Tips untuk Memperkuat Kerja Tim

1. Selektif boleh, tapi jangan terlalu picky

Sebagai manusia tentunya pasti memiliki keinginan untuk memperoleh pekerjaan dan pendapatan sesuai yang diharapkan. Tak salah jika kamu ingin berlaku lebih selektif dalam memilih jenis bekerja.

Namun, menjadi terlalu picky alias terlalu pilih-pilih dalam menentukan jenis pekerjaan, adalah hal yang kurang tepat bagi para fresh fraduate. Biasanya, mereka yang terlalu pilih-pilih juga akan sangat sulit dalam menentukan pekerjaan yang cocok.

2. Sesuaikan pekerjaan dengan disiplin ilmu

Untuk kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, tentunya kamu memiliki kualifikasi tersendiri terkait bidang ilmu tertentu. Selain sebagai bentuk pengaplikasian atas ilmu yang telah dipelajari, namun juga bisa memberikan kualitas pekerjaan yang baik. Hal ini akan berdampak positif pada proses bersaing mendapatkan pekerjaan serta hasil pekerjaanmu kelak.

Baca juga : 4 Tips Membuat Moodboard yang Kreatif

3. Memperluas relasi di dunia pekerjaan

Pekerjaan tidak hanya tentang apa yang kamu kerjakan ataupun berapa gaji yang kamu peroleh. Lebih dari itu, pekerjaan itu juga berkaitan dengan relasi yang harus dapat kamu bangun.

Melalui relasi yang sangat baik, kamu dapat melebarkan sayapmu. Hal ini akan sangat membantumu dalam memperkuat posisi dalam dunia pekerjaan ke depannya.

4. Tidak bersikap arogan meski hebat saat kuliah

Attitude menjadi hal paling dasar yang harus dijaga pada saat memasuki dunia pekerjaan. Tak peduli seberapa hebat dan pintarnya kamu di perkuliahan, jangan sampai bersikap arogan dan sombong saat sudah bekerja.

Tindakan seperti itu bahkan hanya akan membuat kamu kurang disukai oleh pencari kerja dan juga rekan-rekan kerjamu nanti. Bersikap baik akan membuat kita mendapat penilaian yang baik dari lingkungan sosial.

5. Menggali banyak kesempatan kerja untuk karir yang lebih baik

Para fresh graduate biasanya identik dengan mencari pekerjaan secara berkala. Hal tersebut dilakukan untuk menggali lebih banyak kesempatan kerja untuk dicoba.

Kamu harus mempersiapkan banyak hal, termasuk soal mental dan sosial untuk dapat meraih hal ini.

Demikian artikel ini, memang tidak mudah dalam mencari dan meniti karir dari nol bagi fresh graduate, namun itu adalah proses yang akan membantumu menjadi maju dan sukses di dunia kerja.

Sekian, jika ada kritik dan saran bisa di tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Hadapi Bos yang Super Cerewet


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar