3 Manfaat Tidur Cepat dan Bangun Lebih Awal
Siker.id | 19 Apr 2022 09:30


Bagikan ke
Manfaat tidur cepat (siker)

siker.id - Semenjak adanya peralhina dari work from office ke work from home (WFH), rutinitas tidurmu mungkin berubah tanpa disadari. Padahal, jika kitab isa membiasakan tidur cepat dan bangun lebih awal ternyata punya banyak manfaat besar untukmu. Maka, cobalah kamu ubah kebiasaan dari “hobi” kerja lembur dan bangun mepet waktu masuk kerja. Ini dia beberapa manfaat tetap tidur cepat dan bangun awal sekalipun kerja dari rumah.

Baca juga: Rekomendasi Warna Ruangan Kerja Yang Bikin Produktif

Mood jadi lebih bagus

Karena sudah kerja dari rumah, kamu tak perlu lagi pusing memikirkan waktu berangkat dan pulang kerja. Jadilah kamu terbiasa begadang dan bangun mepet dengan waktu kerja. Mengutip Entrepreneur, membiasakan tidur larut malam dan bangun telat membuatmu lebih rentan merasakan emosi negatif akibat overthinking semalaman. Segala kekhawatiran dan kecemasan ini bisa ikut terbawa sampai hari berikut. Akibatnya, kita jadi cranky dan gampang bad mood selama beraktivitas. Sementara kalau rajin tidur cepat tidur lebih cepat, kamu justru punya lebih banyak waktu untuk mengistirahatkan otak dari pikiran-pikiran negatif.

Sistem imun lebih kuat

Manfaat lain yang bisa kamu dapat kalau terbiasa tidur cepat dan bangun lebih awal adalah tidak mudah sakit selama WFH. Tidur adalah waktu bagi setiap sel dan jaringan tubuh memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres serta radikal bebas. Selama tidur, sel-sel akan melepaskan protein yang disebut sitokin untuk melawan penyakit dan melindungimu dari infeksi. Jika kamu biasa begadang, fungsi tubuh yang satu ini malah jadi tidak maksimal. Akibatnya, tubuh akan rentan mengalami peradangan secara berlebihan.

Baca juga: Menata Ruang Kerja Agar Lebih Produktif Menurut Fengshui

Lebih produktif

Dengan bisa tidur cepat dan bangun lebih awal dari biasanya, kamu juga akan memaksa diri untuk lebih disiplin dan tidak menunda-nunda pekerjaan. Sebab, bangun lebih awal memberimu lebih banyak waktu untuk “mengumpulkan nyawa” dan menghilangkan kantuk sampai bisa fokus sepenuhnya. Banyak juga orang yang terbiasa bangun cepat memanfaatkan pagi hari mereka dengan merancang to-do-list untuk hari itu. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif saat WFH. Semua pekerjaan yang mesti dikerjakan pun bisa selesai tepat waktu tanpa ada yang terlupa.

Sekian artikel tentang manfaa tidur cepat dan bangun pagi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Tetap Produktif meski Hilang Semangat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar