Ini Skill Wajib Dimiliki Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank
Siker.id | 20 Apr 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Banyak orang yang bercita-cita menjadi sebagai pegawai bank sejak kecil. Pasalnya, tidak semua orang bisa jadi pegawai bank. Karena adanya kriteria dan kemampuan khusus yang harus dipenuhi calon karyawan. 

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, kamu juga harus perlu tahu apa saja skill yang diperlukan. Nah, berikut ini skill yang harus kamu persiapkan dari sekarang.

Baca juga : Berikut Tugas serta Skill Menjadi Android Developer

1. Berkomunikasi dengan baik

Hal paling dasar yang harus dimiliki seorang pegawai bank adalah kemampuan berkomunikasi yang baik.  Pasalnya, bisa dipastikan kalau kamu terjun ke dunia ini nanti bakal bertemu dengan nasabah setiap hari.

Tidak hanya menggunakan bahasa yang sopan dan benar yang wajib kamu gunakan setiap hari, beberapa aspek lain seperti raut wajah, sikap berdiri dan penampilan juga menjadi faktor yang krusial bagi atasan untuk menilai performa kamu saat bekerja.

2. Tingkat analisis yang tinggi

Selanjutnya adalah tingkat analisis tinggi. Ini bakal sangat berguna saat kamu sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang penting seperti mengurus kredit. 

Sebab, kalau salah sedikit saja bisa mengakibatkan kerugian yang pada akhirnya membebankan pihak tempat kamu bekerja.

3. Detail terhadap hal kecil

Lantaran pekerjaan sebagai pegawai bank sangat dekat hubungannya dengan uang maka kamu harus memiliki ketelitian yang lebih daripada pekerjaan lain.

Salah satu hal yang bisa terjadi ketika kamu kurang teliti adalah adanya selisih dalam uang asli dan yang tercatat pada sistem. Meski teknologi sudah semakin maju, kesalahan kayak gini masih mungkin terjadi pada hari ini.

Jangan terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu. Karena sedikit kesalahan tentu bisa mengakibatkan kerugian yang cukup fatal dan berbahaya bagi orang lain.

4. Kerja cepat, kerja cerdas

Pegawai bank juga kerja cepat dan cerdas. Tugas yang diemban para petugas bank itu gak sedikit lho. Nasabah saja jumlahnya bisa jutaan orang. 

Selain cepat, tentu saja kerja cerdas hukumnya wajib. Mereka harus bisa berpikir sistematis untuk menghadapi sejumlah persoalan.

Baca juga : 4 Skill dalam Teamwork yang Perlu Dikuasai

5. Sabar tingkat tinggi

Salah satu tantangan yang harus mereka hadapi adalah sikap para nasabah yang tidak sabaran dan temperamen. Kesabaran tingkat tinggi adalah kunci suksesnya.

Pasalnya, ketika mereka gagal menghadapi masalah ini, maka taruhannya adalah nama baik bank tersebut.

Khusus pegawai bank yang tugasnya berhadapan dengan nasabah, wajib punya sifat seperti ini. Jangan baper juga jika sewaktu-waktu kena amukan atau kritik dari bos maupun nasabah lainnya.

6. Percaya diri

Percaya diri sangat bermanfaat saat kamu meyakinkan orang lain guna menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada mereka. Dengan demikian, pekerjaan yang kamu jalani bisa berjalan lebih mudah dan lancar.

7. Pegawai bank harus punya determinasi tinggi

Yang namanya pekerjaan pasti memiliki target yang harus dicapai. Determinasi tinggi akan menjadikan kamu orang yang menonjol dibandingkan karyawan lainnya dan mengakibatkan atasan memberi perhatian lebih kepada kamu.

Tidak menutup kemungkinan juga untuk menjadi jalan kamu meraih jabatan yang lebih layak ke depannya.

8. Harus tahan stres

Menghadapi rutinitas yang monoton atau itu-itu saja bukanlah hal yang mudah. Stres pun bisa muncul dan menghampirimu kapan saja. Sebab, kalau kamu sudah stres biasanya bikin badmood dan ujung-ujungnya berpengaruh terhadap performa kerja.

Namun, kalau memiliki kemampuan tahan banting dari hal tersebut, tentu lain cerita. Kamu mungkin bisa jadi andalan banyak rekan kerja. 

9. Memiliki jiwa pemimpin baik

Jika kamu berencana meraih jenjang karier yang baik di dunia perbankan, ada baiknya untuk sedikit demi sedikit mempelajari tentang sifat pemimpin yang baik. Sebab bukan hanya diri kamu, tapi nantinya kamu akan mengurusi banyak orang sebagai konsekuensi jabatan yang semakin tinggi.

10. Multitasking

Pegawai bank harus punya skill multitasking atau bisa mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan. Untuk orang yang belum terbiasa tentunya kemampuan ini akan sulit untuk dikuasai. Namun, bila kamu bertekad belajar sedikit-sedikit, pasti bisa menguasai banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Demikian skill yang wajib dimiliki jika ingin menjadi pegawai bank, semoga dapat membantu kamu yang ingin berkarir dalam dunia perbankan. Jika ada kritik dan saran bisa di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Inilah Basic Skill Yang Harus Dimiliki Jurnalis


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar