icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Manfaat Adanya Program Magang Bagi Perusahaan
Siker.id | 20 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang mengajari anak magang (siker.id/freepik)

siker.id - Magang adalah proses untuk menerapkan ilmu atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan di dunia kerja secara langsung. Tujuan dari magang itu sendiri pun untuk memperkenalkan pada mahasiswa atau pelajar dengan iklim dunia kerja dengan memberikan keterampilan yang dibutuhkan di industri kerja.

Di Indonesia, program magang pun telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30, rincian peraturan program magang ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam peraturan tersebut, dicantumkan bahwa permagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselengarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang didapat sebuah perusahaan yang membuka program magang.

Baca juga : Berikut Kampus yang Menyediakan Program Ekstensi

1. Mendapat Ide-ide Baru

Dengan adanya program magang atau internship, perusahaan memberikan kesempatan pada generasi muda yang akan memberikan suatu ide baru untuk mengembangkan perusahaan, untuk mendapatkan ide-ide baru dibutuhkan pendekatan kepada masyarakat yang mengetahui apa yang sedang menjadi trend sekarang ini, sedangkan untuk para senior yang telah lama diperusahaan akan sulit mengikuti perkembangan zaman yang ada.

2. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Dalam program magang, karyawan magang akan digaji jauh berbeda dengan karyawan biasa yang ada diperusahaan. Bukan hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan kualitas karyawan magang yang hampir sama dengan karyawan biasa karena belum berpengalaman belum tentu tidak bisa, dengan melakukan arahan dan adaptasi terhadap pekerjaan yang diberikan, karyawan magang pasti dapat menerima tanggung jawab.

3. Mendapatkan Masa Percobaan Gratis

Dengan adanya program magang, perusahaan dapat menjadikan program magang ini menjadi percobaan kepada karyawan magang, jadi jika karyawan magang ini dapat mengerjakan tanggung jawabnya dengan baik dan handal, perusahaan dapat mempertimbangkan karyawan magang tersebut untuk menjadi bagian perusahaan dengan menawarkan posisi part time atau full time saat karyawan magang telah selesai menyelesaikan studi.

4. Suasana Selalu Baru

Hal ini membuat suasana kantor akan dilengkapi dengan wajah-wajah baru setiap beberapa bulan sekali, terutama bagi perusahaan yang jarang membuka lowongan pekerjaan baru. Akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mencari teman yang baru juga memberikan suasana kantor lebih meriah.

Baca juga : Keuntungan Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa

5. Mendapatkan Sudut Pandang Dari Luar

Karyawan magang yang baru bergabung merupakan orang dari luar yang belum banyak mengetahui mengenai perusahaan anda. Maka hal ini sangat diperlukan untuk pekembangan perusahaan lebih lanjut.

Perusahaan dapat bertukar pikiran terhadap karyawan magang berdasarkan apa yang karyawan magang ketahui dari luar tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Dari pengetahuan karyawan baru, perusahaan dapat meningkatkan lagi untuk perkembangan selanjutnya.

6. Meningkatkan Citra Perusahaan

Program magang yang dilakukan perusahaan secara tidak langsung dapat meningkatkan citra perusahaan itu sendiri, karena setelah karyawan magang bekerja di perusahaan, kemudian mereka akan saling bercerita dengan teman-temannya.

Jadi dengan hanya bercerita pengalaman magang mereka dari mulut ke mulut, lingkungannya akan mencari tahu tentang perusahaan tempat mereka melakukan magang.

7. Peningkatan Produktivitas

Karyawan magang akan menjadi asisten bagi karyawan tetap perusahaan yang akan didelegasikan mengerjakan tugas-tugas kecil, dengan adanya karyawan magang ini akan membantu peningkatan produktivitas perusahaan karna tidak lagi terbebani tugas-tugas kecil.

Itulah manfaat dari adanya program magang bagi perusahaan. Semoga dapat membantu dan tidak ragu untuk membuka program magang di perusahaan anda, karena sangat menguntungkan dari sekedar meringankan beban kerja. 

Jika ada kritik dan saran silahkan di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Jenis Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar