3 Persiapan Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja
Siker.id | 18 Apr 2022 14:00


Bagikan ke
Persiapan fresh graduate masuk dunia kerja (siker)

siker.id - Memasuki dunia kerja yang baru adalah hal lumrah yang dilakoni para fresh graduate, baik selepas lulus bangku sekolah atau kuliah. Tujuan utamanya masuk dunia kerja jelas untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dan bisa menghasilkan uang guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, faktanya memulai karier tidak semudah yang dibayangkan. Butuh perjuangan dan kemauan untuk terus belajar hingga mencapai titik kesuksesan yang diidamkan. Buat para lulusan baru, pastikan untuk menyiapkan hal-hal berikut ketika hendak bekerja untuk pertama kali.

Baca juga: 3 Alasan Fresh Graduate Masih Diperlukan Perusahaan

Kesiapan mental

Seperti yang telah banyak diketahui, setiap memasuki fase baru, entah itu masuk sekolah, kuliah, atau bahkan mulai bekerja, kesiapan mental adalah nomor satu. Akan ada banyak sekali perubahan yang terasa, terutama ketika berhadapan dengan orang-orang baru yang lebih heterogen. Fase bekerja punya tantangan yang jelas lebih berat. Tidak jarang adanya persaingan antar kolega sangat terasa, terutama jika kamu berada di tempat yang lingkungan kerjanya tidak kondusif. Oleh sebab itu, mental yang kuat adalah kunci untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada di depan mata.

Kemampuan beradaptasi

Lingkungan baru, cerita baru, tantangan baru. Tidak seperti mahasiswa yang masih bisa mendapat kata maaf ketika melakukan keteledoran, seorang pekerja tidak bisa lagi melakukan kesalahan tersebut karena bisa berakibat fatal. Guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka belajarlah untuk cepat beradaptasi. Buatlah dirimu mudah menyesuaikan diri dengan pekerja lainnya, beban kerja yang diemban, serta lingkungan kerja, sehingga besar harapan pekerjaan bisa berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Baca juga: Tips Raih Pekerjaan Impian Bagi Fresh Graduate

Kesabaran

Memasuki dunia kerja untuk pertama kali adalah sesuatu yang berat dan menguras banyak emosi. Tidak menutup kemungkinan kamu akan banyak menghabiskan hari-hari sepulang kerja dengan menangis dan meratapi nasib. Memang wajar kamu akan merasa seperti itu karena sedang mengalami fase peralihan menuju kehidupan sesungguhnya yang penuh dengan tanggung jawab besar. Oleh karena itu, kuatkan hatimu dan bersabarlah menjalani proses tersebut. Yakinlah bahwa suatu hari nanti kamu akan mencapai kesuksesan seperti yang diinginkan.

Sekian artikel tentang persiapan fresh graduate memasuki dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Kegiatan Fresh Graduate buat Menarik HRD


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar