Inilah Cara Menghadapi Pimpinan Yang Otoriter
Siker.id | 19 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Sebuah perusahaan pasti mempunyai atasan yang dimana punya kuasa dan memiliki sifat yang beragam. Salah satu sifat atasan yang membuat hati jengkel adalah sifat otoriter atau bossy, walau wajar tetapi apabila kelewatan pasti membuat geram juga.

Agar tidak menjadi stres, cobalah beberapa cara berikut ini untuk menghadapi atasan seperti itu.

Baca juga : 5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja

1. Jangan terlalu diambil hati
Apapun yang dikatakan atasan, ambil saja bagian yang positifnya. Kalau ia marah, dengarkan tapi jangan dibawa serius. Anggap saja si bos sedang banyak masalah.

2. Bersikap ramah
Tak ada salahnya menebar senyum atau menyapa atasan. Boleh juga sesekali mengajak berbincang hal-hal ringan di kala santai.

3. Tunjukkan prestasi kerja
Fokus saja pada tanggung jawab pekerjaan. Tak perlu banyak memusingkan perilaku bossy si bos. Siapa tahu, jika Anda membuat prestasi, si bos akan mengapresiasi dan mendengarkan bawahannya.

Baca juga : 3 Cara Hadapi sebuah Kritikan di Tempat Kerja

4. Berani mengambil sikap
Jangan takut berpendapat meski atasan terkenal otoriter. Kemukakan ide anda dan hargai pendapat yang berbeda. Jika memang tugas yang disuruh si bos tidak masuk akal, jangan takut untuk menolak. Tapi, tetap harus dengan cara yang sopan.

5. Beri ucapan
Memberi ucapan selamat ulang tahun atau selamat atas penghargaan menunjukkan bahwa Anda adalah bawahan yang respek terhadap atasan. Sikap ini tentu berpotensi menyenangkan hatinya.

6. Bersikap profesional
Dalam dunia kerja, sikap profesional harus dikedepankan. Tak peduli apakah atasan Anda otoriter atau tidak.

7. Komunikasi
Pilih strategi komunikasi yang tepat kepada atasan. Kenali dulu karakternya, lalu cari cara menghadapinya. Atasan yang otoriter biasanya suka disanjung. Sesekali boleh menyanjung, tapi jangan jadi penjilat. Tunjukkan bahwa Anda bawahan yang profesional dan punya pendirian.

Nah, itulah dia beberapa cara dalam menghadapi karakter pimpinan yang otoriter, semoga dapat membantu anda. Apabila ada kritik dan saran bisa di tuliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Membangun Sikap Empati di Tempat Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar