3 Cara untuk Tingkatkan Kesadaran Diri
Siker.id | 18 Apr 2022 11:00


Bagikan ke
Tingkatkan kesadaran diri (siker)

siker.id - Kalau kamu ingin menjadi manusia yang lebih baik, itu tandanya kamu punya self-awareness atau kesadaran diri yang tinggi. Self-awareness sendiri dimaknai sebagai kemampuan untuk melihat diri sendiri dengan lebih objektif dan jelas. Tanpa adanya self-awareness, kamu bisa menjadi seseorang yang arogan, selalu ingin menang sendiri, sulit mengakui kesalahan, dan tak mau mendengarkan kritikan serta saran rekan kerja. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan self-awareness di tempat kerja. Jangan bingung mulai dari mana, kamu bisa meningkatkan kesadaran diri diawali dengan cara berikut ini.

Baca juga: 3 Manfaat Memberikan Apresiasi di Lingkungan Kerja

Fokus dan taruh batasan yang jelas

Fokus menjadi hal yang penting jika kamu ingin menapaki jabatan yang lebih tinggi. Latih dirimu untuk fokus dengan pekerjaan yang kamu lakukan dalam jangka waktu lama, tanpa adanya keinginan untuk membaca email, aplikasi chat, media sosial, atau beberapa hal yang bisa mengganggu konsentrasi. Menetapkan batasan juga bisa membuatmu tetap fokus.

Buatlah jurnal

Sediakan waktu untuk menulis jurnal setiap hari. Kamu bisa menulis apa saja di dalamnya. Bahkan, ketika kamu sibuk, menulis jurnal satu baris pun dimaklumi. Hal yang terpenting adalah kamu dapat berkomitmen untuk melakukannya. Tujuan menulis jurnal adalah menyalurkan emosimu melalui tulisan. Baik itu perasaan positif atau negatif, kamu curahkan seluruhnya dalam jurnal tersebut. Dengan cara ini, kamu jadi belajar membaca emosimu sendiri, mulai mengerti apa yang memicu emosi negatif, ajang introspeksi, dan mengevaluasi reaksimu akan berbagai hal yang dialami.

Baca juga: Kriteria Lingkungan Kerja Yang Baik dan Sehat

Tanyakan perspektif teman tentang dirimu

Pilihlah rekan kerja, senior, atau atasan yang bisa melihat segala sesuatu dengan obyektif. Lalu, tanyakan pendapat mereka tentang dirimu secara jujur. Catat apa yang harus kamu perbaiki dan dengarkan saran temanmu untuk membuat pribadimu jadi lebih baik. Meski terdengar sedikit menyakitkan ketika mendapatkan kritikan, tapi kamu harus berpikiran terbuka

Sekian artikel tentang cara tingkatkan kesadaran diri atau self-awareness. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar