Alat Dan Benda Yang Wajib Dibawa Jurnalis
Siker.id | 18 Apr 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Pekerjaan seorang jurnalis yang mengharuskan untuk mengejar berita membuat mereka membutuhkan alat dan benda yang harus dibawa, tentu saja seperti ID Card atau kartu pers, agar bisa mengorek informasi dari narasumber. Namun, selain ID Card atau kartu pers ada juga alat dan benda penting yang wajib dibawa seorang jurnalis saat meliput berita.

Berikut ini merupakan alat dan benda yang wajib dibawa oleh seorang jurnalis.

Baca juga : Berikut Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Jurnalis

1. Notes dan alat tulis

Kedua benda ini adalah ‘alat perang’ seorang jurnalis. Satu hal yang selalu diingat oleh para jurnalis adalah mereka tidak bisa selalu mengandalkan ingatan mereka. Untuk itu, mereka membutuhkan buku catatan dan alat tulis untuk menuliskan apa saja yang mereka kumpulkan di lapangan.

Walau sekarang ini sudah banyak jurnalis yang berpindah ke catatan digital dalam ponsel atau perangkat elektronik mereka, nyatanya notes dan alat tulis masih menjadi alat konvensional yang sering dipakai oleh para jurnalis.

Baca juga : Berikut Perbedaan Tugas Jurnalis dan Content Writter

2. Alat rekam

Alat rekam adalah nyawa dari seorang jurnalis. Saat melakukan wawancara dengan narasumber, wajib hukumnya bagi seorang jurnalis untuk merekam jalannya wawancara untuk dijadikan verbatim. Tentunya, perekaman tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh narasumber yang berkaitan. Rekaman wawancara ini dapat membantu ‘menyegarkan’ ingatan jurnalis untuk mengecek fakta-fakta yang mungkin terlewat ketika hendak menuliskan berita.

3. Kamera

Sebenarnya ini adalah alat perang seorang fotografer. Namun, seorang jurnalis yang profesional pun tidak akan lepas pula dengan kamera, sebab momen yang mengandung nilai berita tidak akan datang dua kali. Seorang jurnalis yang baik tidak akan menunggu fotografer untuk tiba ke tempat kejadian terlebih dahulu, tetapi ia akan mengabadikannya beberapa saat ia melihatnya.

Sekian artikel tentang alat dan benda yang wajib dibawa oleh jurnalis, apakah kamu sudah siap untuk menjadi seorang jurnalis? Semoga membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjadi seorang jurnalis.

Jika ada kritik dan saran bisa di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut ini Tugas Utama dari Sekretaris


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar