Manfaat TOEFL Dalam Dunia Kerja
Siker.id | 18 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang tes (siker.id/freepik)

siker.id - TOEFL adalah ujian yang digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam berbahasa inggris. Awalnya TOEFL digunakan sebagai syarat siswa SMA untuk masuk ke universitas di Amerika Serikat dan Kanada. Namun dengan berjalannya waktu, TOEFL menjadi standar internasional untuk menilai kemampuan berbahasa inggris dan digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Berikut ini adalah manfaat dari pentingnya TOEFL dalam dunia kerja.

Baca juga : Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

1. Membuka peluang kerja di luar negeri

Salah satu syarat untuk bisa bekerja di luar negeri adalah kamu harus bisa berbahasa Inggris. Para pemberi kerja mau menerima pekerja dari negara lain, apabila mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik. 

Kamu akan bisa mendapatkan pengalaman baru dengan bekerja di negara lain. Kamu dapat mempelajari cara berpikir, kultur kerja, juga berinteraksi secara langsung dengan masyarakatnya. Untuk bisa mendapatkan semua itu, kamu harus mengasah bahasa Inggrismu. Jadi saat kamu menjalani interview dengan pemberi kerja, mereka tidak ragu untuk menerimamu.

2. Bukti kemampuan berbahasa Inggris

Ini dia salah satu kegunaan sertifikat TOEFL, yaitu sebagai bukti sah bahwa kamu memang bisa bahasa Inggris. Hanya dengan melihat skor TOEFL-mu saja, perusahaan sudah bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu. Dengan demikian, mereka percaya bahwa kamu mampu menjalankan tugas-tugas yang memerlukan pengetahuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Baca juga : Beberapa Manfaat Membangun Relasi Di Dunia Kerja

3. Jenjang karir yang lebih menjanjikan

Dengan menguasai bahasa Inggris, jenjang karir yang lebih tinggi akan terbuka lebar untukmu dan semakin banyak pula kesempatan yang kamu miliki. Tidak hanya di perusahaan nasional saja, kamu juga bisa melamar pekerjaan di luar negeri.

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dari sertifikat TOEFL adalah masa berlakunya. Biasanya, sertifikat TOEFL masih bisa dipakai hingga 2 tahun setelah pertama kali diterbitkan.

Tapi setelah melewati masa batas waktu, jangan buru-buru dibuang. Beberapa pihak mungkin masih mau menerima sertifikatmu, tergantung dari beberapa hal. Misalnya, kamu mengikuti tes TOEFL dua tahun lalu dan mendapatkan skor yang tidak terlalu memuaskan. Namun setelah itu, kamu bekerja di sebuah perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Tanpa perlu melakukan tes ulang, kemampuan bahasa Inggrismu pasti membaik.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari TOEFL dalam dunia kerja, semoga dapat membantu kamu yang masih ragu dengan kegunaan dari TOEFL.

Jika ada kritik dan saran bisa di tulis pada kolom komentar ya. Terima kasih.

Baca juga : 3 Manfaat Memberikan Apresiasi di Lingkungan Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian