Teman Kerja Toxic? Lakukan Ini Untuk Menghadapinya
Siker.id | 16 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Ketika menghadapi teman kerja yang toxic jangan melulu akan melakukan resign walaupun bukan perkara mudah. Begitu mengenali ciri-ciri teman kerja yang toxic, janganlah terpengaruh dengan energi negatifnya. Walaupun memang sulit, hal ini sangatlah perlu dilakukan supaya tidak mengganggu pekerjaan bahkan mood anda juga selama bekerja di kantor.

Oleh karena itu, di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara menghadapi teman kerja yang toxic. Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Tips agar Pendapatmu Bisa Didengar Rekan Kerja

1. Batasi interaksi dengan mereka

Sesekali mungkin anda akan terlibat dalam perbincangan seru dalam membicarakan kejelekan teman kerja atau atasan. Bila anda merasa sudah tidak nyaman dengan pembicaraannya, cobalah untuk membatasi diri.

Anda punya pilihan untuk bergabung dengan pembicaraan atau tidak. Dalam menghadapi teman kerja yang toxic, ada baiknya anda membatasi diri saat berinteraksi dengan mereka. Misalnya, tidak selalu ikut nimbrung dalam pembicaraan.

2. Perhatikan nada bicara

Mungkin ada kalanya anda harus berinteraksi dengan mereka. Tetaplah tenang. Menghadapi teman kerja yang toxic bisa dilakukan dengan memperhatikan nada bicara anda. Saat berbicara, pastikan nada anda langsung to the point dan serius pada topik yang ingin disampaikan.

Sementara itu basa-basi pada rekan kerja yang toxic, bisa saja menjadi gerbang untuk mereka memasok informasi negatif. 

Baca juga : 3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal

3. Punya batasan yang jelas

Anda perlu memberi batasan antara urusan kantor dan pertemanan di dalam lingkungan yang tidak sehat. Perlu disadari juga, bahwa anda berhak menentukan dengan siapa anda bersahabat.

Bila salah satu teman kerja memberikan efek mood negatif dalam diri anda, anda bisa berikan batasan tersebut. Misalnya, tidak terlalu melibatkan diri dalam pembicaraan atau pertemanan mereka. Cukup urusan pekerjaan saja.

4. Kontrol reaksi Anda

Meskipun pembicaraan mereka tak bisa dikontrol tetapi anda masih bisa mengontrol emosi. Menghadapi teman kerja yang toxic tidak harus dibawa dengan emosi.

Ingatkan pada diri sendiri bahwa anda tidak harus peduli dengan apa yang mereka bicarakan. Jika mereka menanyakan respon anda, cobalah bersikap seakan-akan tak peduli atau tidak tertarik dengan topik yang dibicarakan.

5. Jangan terbawa emosi

Bila Anda berada di posisi sebagai “korban” yang dipojokkan, cobalah untuk berbicara pada teman yang sekiranya memiliki masalah kepada anda. Bicarakanlah dengan kepala dingin.

Mungkin anda sewaktu-waktu berada dalam situasi yang panas. Terutama saat ia memancing emosi anda. Sabarlah dalam menghadapi teman kerja yang toxic, tak perlu tersulut emosi. Anda cukup berargumentasi seperlunya sesuai dengan pernyataannya.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghadapi teman kerja yang toxic. Perlu di ingat juga, bahwa merugikan dan membuat anda lelah jika anda mudah tersulut emosi karena terpancing oleh mereka. 

Sekian artikel ini menjelaskan dan semoga bisa membantu anda. Jika ada kritik dan saran bisa di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips WFH Bersama Teman Kost


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar