5 Langkah Proses Rekrutmen yang Ideal
Siker.id | 15 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Proses rekrutmen yang ideal (siker)

siker.id - Untuk menciptakan SDM yang professional dan berkualitas, kunci utamanya terletak pada proses rekrutmen, seleksi, training and development pada pelamar atau calon karyawan. Proses rekrutmen yang efektif pastinya selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Selain memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten bagi perusahaan, hal ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan citra sebagai perusahaan yang berkualitas dan dinamis serta siap bersaing. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat digunakan sebagai panduan proses rekrutmen yang ideal:

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Jasa Rekrutmen

Menganalisis kebutuhan posisi dan jabatan

Perusahaan harus mengidentifikasi terlebih dahulu terkait adanya kebutuhan karyawan baru yang harus direkrut. Beban kerja yang meningkat dari karyawan lama dapat menurunkan kinerja jika tidak mendapatkan segera pertolongan.

Merencanakan proses perekrutan

Proses rekrutmen selanjutnya adalah perusahaan harus menyusun perencanaan untuk posisi yang dibutuhkan. Tuliskan deskripsi pekerjaan, kualifikasi dan pengalaman yang diperlukan. Serta menentukan dimana akan memasang iklan lowongan kerja apakah media cetak atau online.

Memasang iklan lowongan kerja

Tim HRD dapat membuat pengumuman secara internal mengenai lowongan kerja baru, untuk mendapatkannya dari SDM yang sudah ada. Kemudian, pilihan media untuk memasang iklan lowongan, seperti media cetak atau online yang memiliki pangsa pasar pembaca yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, tim HRD juga bisa menggunakan jasa portal khusus pencari kerja secara online seperti Jobstreet, IndoJobs, Karir.com, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Rekrutmen Perusahaan di Era Teknologi

Memproses lamaran kerja dan melakukan wawancara

Dengan adanya iklan lowongan kerja yang efektif, maka lamaran kerja akan segera berdatangan. Sebelum itu terjadi, pastikan tim HRD telah menyiapkan kriteria pilihan untuk membantu proses eliminasi, seandainya pelamar yang masuk terlalu banyak jumlahnya. Untuk mempersingkat proses, pelamar yang sesuai dengan kriteria dan memenuhi syarat dapat dihubungi melalui telepon atau sms untuk memberitahukan jadwal wawancara yang telah ditentukan.

Memilih kandidat yang sesuai dan membuat penawaran kerja

Jika sudah melakukan semua langkah di atas, maka tim HRD siap untuk memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian, persiapkan penawaran dan kontrak kerja yang sesuai dengan posisi dan jabatan tersebut. Buatlah surat pemberitahuan dan ucapan terima kasih kepada para kandidat yang belum diterima bekerja.

Sekian artikel tentang Langkah proses rekrutmen yang ideal. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Kendala Dalam Proses Rekrutmen Karyawan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar