3 Strategi Jitu dalam Proses Perekrutan Karyawan
Siker.id | 15 Apr 2022 08:00


Bagikan ke
Strategi perekrutan karyawan (siker)

siker.id - Setelah melalui pandemic saat ini banyak perusahaan mulai melakukan rekrutmen besar-besaran. Proses perekrutan sampai pada seleksi sekarang mulai dijalankan dengan metode online. Pada saat perusahaan melakukan proses rekrutmen karyawan baru, jangan sampai perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan karyawan hanya karena kasihan semata atau karena kenal dekat. Di bawah ini merupakan beberapa strategi yang dapat diperhatikan serta dipraktekkan saat melakukan proses rekrutmen dan sebelum memutuskan untuk mempekerjakan karyawan baru:

Baca juga: 3 Tips Menulis Kalimat Penutup dalam Surat Lamaran

Melihat latar pendidikan dan pengalaman kerja

Bagi Anda yang membutuhkan karyawan dengan posisi yang cukup penting dan berpengaruh untuk perusahaan, maka sangat disarankan untuk menyeleksi calon karyawan yang telah mendaftar dengan melihat latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja yang dimiliki. Meskipun pengalaman kerja dan pendidikan tinggi tidak sepenuhnya menjamin karyawan akan bekerja secara maksimal. Tetapi, karyawan yang berpendidikan rendah serta minim pengalaman kerja biasanya tidak mampu bekerja dengan posisi yang tinggi.

Tidak merekrut karyawan hanya karena mengenalnya

Anda bisa saja merekrut karyawan yang Anda kenal, dengan catatan mereka memang memiliki kemampuan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Karena jika Anda mempekerjakan mereka padahal Anda tahu bahwa mereka kurang kompeten, dan tidak cakap, justru dampak buruk untuk perusahaan Anda kedepannya akan semakin besar.

Baca juga: Berikut Kegiatan untuk Menunggu Jawaban Lamaran Kerja

Melakukan tes kompetensi bidang

Meskipun para kandidat yang mendaftar menjadi karyawan Anda berasal dari universitas ternama, bukan berarti mereka akan memiliki kemampuan yang baik dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa tes kompetensi bidang kepada mereka yang mendaftar untuk menjadi karyawan di perusahaan Anda. Karena kecakapan dalam setiap bidang pekerjaan, akan sangat berpengaruh kepada kinerja dan perkembangan perusahaan Anda.

Sekian artikel tentang strategi jitu merekrut karyawan baru. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Panduan Mengirim Lamaran via Email yang Baik


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar