Begini Cara Mengatasi Badmood Ketika Sedang Bekerja
Siker.id | 15 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang badmood (siker.id/freepik)

siker.id - Ketika rasa bosan dan badmood melanda karena setiap hari menjalani aktivitas yang hampir sama dan selalu berada di dalam kantor, pasti mempengaruhi hasil kerja dan semangat bekerja juga jadi menurun. Suasana hati buruk seperti ini tidak bisa dibiarkan, sebab dapat mempengaruhi kesehatan mental juga.

Berikut cara mengatasi badmood atau rasa bosan agar tidak mengganggu intensitas bekerja anda.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

1. Mendengarkan musik

Menurut Darlene Mininni, pengajar pengembangan profesional dan psikolog kesehatan di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, dan penulis buku ‘The Emotional Tool Kit’, mendengarkan musik dapat menenangkan situasi hati. Terdapat studi yang menemukan bahwa mendengarkan musik klasik hanya dalam 10 menit dapat meminimalkan perasaan negatif.

 

 

Jadi saat perasaan bosan muncul, mendengarkan musik klasik atau musik favorit anda dapat membangkitkan kembali semangat. Pastikan mendengarkan musik di kantor menggunakan earphone, agar rekan kerja yang lain tidak terganggu.

2. Menghirup aroma yang menenangkan

Penulis buku terlaris asal Amerika Serikat, Gretchen Rubin, menghirup aroma yang menyegarkan dan menenangkan dapat meningkatkan mood jadi lebih baik. Menurutnya meredakan suasana hati yang buruk di kantor bisa dengan cara sederhana ini. Ketika kita menghirup aroma vanila yang lembut atau aroma kopi maka rasa stres akan memudar.

3. Mengobrol dengan rekan kerja

 

 

Ketika badmood datang membuat anda hanya ingin terdiam atau berbaring santai. Namun itu tidak mungkin dilakukan bila tugas pekerjaan masih menumpuk, cari kembali rasa semangat dengan mengajak rekan kerja berbincang agar suasana hati lebih tenang. Bisa saja anda mendapatkan informasi yang menarik dan membangkitkan semangat.

Perlu diingat, jangan sampai mengobrol ini malah mengganggu efektivitas bekerja. Lakukan saja hanya untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan suasana hati. Bagaimanapun interaksi sosial dapat membantu suasana hati.

Baca juga : 3 Tips Adaptasi Efektif Memulai WFO

4. Melatih pernapasan

Menurut pelatih pernapasan asal Turki, Nevsah Karamehmet mengatakan pada Elite Daily, kita perlu mengatur pernapasan pada situasi-situasi tertentu. Jadi kita harus memperhatikan pernapasan pada masa penuh tekanan, marah, lelah, hingga kehilangan fokus. Jadi mengatur pernapasan menjadi cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan juga.

 

 

Cara sederhananya, anda dapat menghirup napas dengan cara menarik perut bagian bawah dan mengeluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan cara ini selama beberapa menit hingga seluruh energi negatif di dalam diri hilang dan otak pun menjadi lebih rileks.

5. Menyegarkan pikiran ke luar ruangan

Terkadang salah satu penyebab Anda merasa bad mood karena jenuh terhadap rutinitas yang ada di kantor. Seperti duduk di meja yang sama dan melakukan hal yang sama setiap harinya. Kondisi seperti ini membuat Anda membutuhkan suasana baru.

Jika perusahaan tidak memberlakukan bekerja remote, namun kantor memiliki suasana seperti rumah dan terdapat taman. Cobalah bekerja di ruang terbuka itu untuk menyegarkan pikiran dan suasana hati.

Sekian untuk artikel tentang cara mengatasi badmood ketika sedang bekerja, semoga bisa membantu anda. Jika ada kritik dan saran bisa di tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Menghindari Kerja Lembur di Kantor


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar