5 Cara Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pekerja
Siker.id | 14 Apr 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi imunitas dengan virus (siker.id/freepik)

siker.id - Di masa pandemi ini, khususnya untuk para karyawan yang bekerja WFO maupun terjun ke lapangan, pastinya terus berupaya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, jika daya tahan tubuh kita lemah pastinya akan rentan terkena penyakit.

Nah, dibawah ini adalah cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yuk simak.

Baca juga : Tips Agar Badan Fit Walau Sering Lembur

1. Tidur yang cukup 

Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh pada banyak hal, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang kreativitas, produktivitas, kesehatan otak dan jantung, serta mempertahankan berat badan ideal. 

Tidur cukup dengan kualitas yang baik akan membuatmu lebih berenergi dan meningkatkan konsentrasi sepanjang hari, sekitar 7-9 jam waktu yang dibutuhkan orang dewas untuk tidur.

Bila kamu kurang tidur, maka efeknya justru melemahkan imunitas, menambah berat badan, mempercepat penuaan dini dan sebagainya. 

2. Konsumsi vitamin 

Penelitian menunjukan bahwa salah satu vitamin yang mampu melawan virus dan bakteri adalah jenis vitamin D, tentunya dalam jumlah yang sesuai. Selain dapat melawan virus, vitamin ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang, mengurangi risiko penyakit kanker, diabetes, radang usus, depresi dan sebagainya.

Nah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D ini melalui suplemen atau makanan seperti salmon, sarden, susu, telur, keju, hati sapi, yogurt, tuna. Selain itu, vitamin D yang termudah juga bisa kamu dapat melalui sinar matahari di pagi hari.

3. Olahraga untuk memperbaiki suasana hati 

Olahraga menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kembali suasana hati atau merubah rasa jenuh itu menjadi lebih ceria. Di samping kita tahu bahwa olahraga jadi alat yang ampuh sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Tips Menjaga Performa Kerja Agar Tidak Mager Di Musim Hujan
 

Bila kamu takut olahraga di luar rumah lantaran menghindari paparan dari orang lain, kamu juga bisa lho mencoba berolahraga di kamar atau ruang keluargamu. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam gerakan olahraga dari channel Youtube.

4. Konsumsi minuman herbal 

Di Indonesia sendiri minuman herbal bukanlah hal asing. Kita mengenal jahe merah, bandrek, wedang ronde, jamu, kunyit asem, kencur, wedang jahe, bir pletok, dan wedang uwuh yang memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta bisa menyembuhkan penyakit.

Tidak harus membeli dari luar, dengan menggunakan bahan-bahan bumbu yang ada di rumah, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Baik untuk ramuan wedang jahe, kunyit asem atau kencur. 

5. Perbanyak makan bergizi 

Beberapa makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya, jeruk, paprika, brokoli, almond, kunyit, teh hijau, pepaya, bawang putih, bayam ayam, jahe, yoghurt, kerang dan sebagainya.  Dengan cara memasak yang baik tentunya kamu bisa mendapatkan gizi yang baik dari makanan di atas. 

Itulah dia 5 cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk kalian yang sedang bekerja maupun beraktivitas di luar, semoga dapat membantu kalian. Sekian dari artikel ini, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar.

Ingat ya untuk selalu menjaga kesehatan kalian. Terima kasih.

Baca juga : 3 Alasan Perlunya Istirahat pada Akhir Pekan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar