icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar
Siker.id | 17 Nov 2021 11:45


Bagikan ke
Kirim lamaran via email sudah menjadi trend dan pilihan yang gampang. (siker)

siker.id - Email atau yang biasa disebut surat elektronik (surel) merupakan salah satu media komunikasi yang sudah ada sejak lama. Kemunculan email pada zaman dahulu memiliki tujuan sebagai media komunikasi yang memberikan kemudahan. Tetapi saat ini dengan kemajuan internet dan teknologi, memudahkan kita untuk melakukan banyak hal tanpa perlu keluar rumah. Salah satunya mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email. Meski cara melamar pekerjaan lewat email terbilang praktis, mudah, dan cepat, Anda tetap harus memerhatikan beberapa hal. Berikut ulasannya:

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

1. Menggunakan Alamat Email dengan Nama Profesional

Ini adalah hal yang wajib Anda perhatikan. Anda sedang ingin melamar sebagai pekerja yang profesional, tentu Anda ingin terlihat profesional. Namun, jika alamat email yang digunakan tampak alay, bagaimana pihak perusahaan bisa percaya jika Anda adalah seseorang yang profesional. Jika nama alamat email Anda masih alay, lebih baik membuat alamat email yang baru dengan nama yang lebih profesional.

2. Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Setelah mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan, segera siapkan seluruh berkas yang dipersyaratkan. Jangan sampai ada berkas yang terlewat. Biasanya hal-hal yang diminta yaitu: CV, Ijazah, Portofolio, KTP, Kartu Pencari Kerja, SKCK, dll. Setelah semua berkas sudah Anda kumpulkan, harus di scan terlebih dahulu supaya ada file digitalnya. Pastikan format file hasil scan-nya adalah PDF. Usahakan, seluruh file lamaran kerja tidak lebih dari 1 MB. Jika memang berkas yang dilampirkan cukup banyak, batas toleransinya maksimal 2MB. Hindari melampirkan berkas lamaran kerja dalam format .zip atau .rar. Kecuali jika itu merupakan ketentuan dari pihak perusahaan. Berkas yang dilampirkan jangan menggunakan nama yang asal-asalan. Gunakan penamaan yang profesional dan jelas.

Baca juga: Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya

3. Jangan Lupa Mengisi Subject Email

Cara melamar pekerjaan online melalui email wajib memperhatikan isi subject. Itu adalah etika yang seringkali terlewat. Padahal, hal ini sangat penting bagi tim recruiter untuk mengetahui jenis email yang diterimanya. Subject ibarat tanda pengenal bagi sebuah email. Dengan menuliskan subject email berkaitan dengan lamaran kerja, tim recruiter jadi bisa mengidentifikasinya dan bisa segera melihatnya. Jika tidak ada subjectnya, biasanya email akan dianggap spam atau diskip saja. Jika perusahaan sudah menentukan subject email untuk pengiriman surat lamaran pekerjaan, Anda tinggal mengikuti ketentuannya saja.

4. Menggunakan Bahasa Resmi

Jangan lupa memerhatikan penggunaan bahasa dalam email lamaran pekerjaan. Gunakanlah bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Anda harus menghindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak resmi seperti bahasa yang dipakai dalam keseharian dengan teman sebaya. Perhatikan juga tanda baca dan penggunaan huruf kapital seperti pada nama perusahaan, nama kamu, dan nama HRD atau recruiter yang dituju. Pastikan bahwa penulisan Anda tidak ada kesalahan, karena kesalahan tersebut dapat memberikan kamu kesan tidak teliti.

5. Memerhatikan Waktu Pengiriman Email

Cara melamar kerja lewat email selanjutnya adalah memperhatikan waktu pengiriman. Dalam cara kirim lamaran kerja lewat email, ada baiknya Anda mengirimkan lamaran pekerjaan di waktu jam kerja, yakni di antara pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Pastikan lowongan pekerjaan tersebut masih tersedia. Hal ini menunjukkan kalau Anda seseorang yang profesional dan bersungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan tersebut.

6. Memastikan Alamat Email Perusahaan Sudah Benar

Sebelum mengirimkan lamaran, cek dan pastikan kalau alamat perusahaan yang akan dikirim sudah benar. Pasalnya kesalahan menulis satu huruf saja dapat menyebabkan surat lamaran Anda tidak terkirim ke email perusahaan. Selain itu, periksa juga apakah seluruh dokumen yang diperlukan sudah dilampirkan. Dengan membaca ulang, Anda dapat mengetahui dan memperbaiki jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan.

Sekian artikel tentang cara mengirim lamaran via email. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar