4 Tips Membuat Moodboard yang Kreatif
Siker.id | 13 Apr 2022 22:00


Bagikan ke
Membuat moodboard yang kreatif (siker)

siker.id - Moodboard menjadi kunci keberhasilan banyaknya proyek kreatif, seperti pada pembuatan website, perencanaan pesta, desain interior, atau dalam hal dekorasi set film. Moodboard juga dapat membantu kamu mengekspresikan visi yang ada dalam pikiran untuk setiap proyek yang kamu buat. Moodboard, terkadang disebut juga sebagai papan inspirasi, adalah alat untuk membantu dalam mengasah ide visual di awal proyek kreatif. Moodboard terbentuk dari kolase gambar, sampel material, palet warna, dan juga bisa berupa kata-kata deskriptif dan tipografi yang akan memandu pekerjaanmu. Berikut tips dalam membuat moodboard yang kreatif.

Baca juga: 3 Tips Melakukan Perjalanan Bisnis yang Efisien

Tentukan apa yang ingin kamu buat

Tips pertama dalam membuat moodboard adalah tentukan project apa yang ingin kamu buat dan tujuannya. Moodboard dalam hal ini bisa digunakan sebagai panduan utama, yaitu setiap elemen di dalamnya bisa kamu gunakan pada karya desain, termasuk skema warna, gambar, dan font. Atau sebagai inspirasi dimana moodboard bisa kamu gunakan untuk mencoba berbagai macam mood dan tone desain yang beragam.

Kumpulkan inspirasi tertulis

Tips kedua membuat moodboard adalah dengan mengumpulkan inspirasi tertulis. Sebelum menambahkan gambar, kamu bisa mengumpulkan berbagai konten yang sudah dimiliki seperti brand value, tagline, visi dan misi perusahaan, hingga beragam brief lainnya. Semua itu bisa kamu kumpulkan dan dijadikan sebagai inspirasi

Masukan warna dan font

Tips ketiga membuat moodboard adalah memasukkan warna dan font sebagai elemen penting. Dalam menyusun palet warna suatu desain, dibutuhkan suatu kombinasi yang pas untuk setiap tema yang diusung. Selain itu, kamu juga bisa untuk tetap menyertakan satu font ke dalam beberapa varian yang berbeda agar bisa membayangkan tempat penempatannya di dalam rancangan desain.

Baca juga: 4 Hal Penting Dalam Membangun Etika Bisnis

Mengatur komposisi visual moodboard

Tips selanjutnya membuat moodboard adalah dengan cara mengatur komposisi visual dari berbagai elemen yang sebelumnya sudah dikumpulkan. Tempatkan beberapa elemen yang berkaitan secara dekat dan berikanlah variasi ukuran yang berbeda-beda agar bisa mengindikasikan skala prioritas di dalam desain.

Sekian artikel tentang tips membuat moodboard yang kreatif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Partner Bisnis Anda


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar