icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 10 Peluang Kerja Bagi Lulusan PAUD
Siker.id | 16 Nov 2021 17:00


Bagikan ke
Peluang kerja buat lulusan PG-PAUD ini saat ini masi terbuka lebar dan bisa bersaing. (siker)

siker.id - Menjadi seorang guru memang merupakan pekerjaan yang mulia. Salah satu jurusan yang berhubungan dengan dunia pendidikan terutama anak-anak adalah jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini . Beberapa dari Anda mungkin masih merasa belum familiar dengan jurusan ini. Namun, bagi Anda yang menyukai anak-anak, perlu untuk mengetahui seluk beluk memasuki jurusan ini. Adapun prospek kerja Pendidikan Guru Anak Usia Dini ini sebagai berikut:

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?

1. Guru TK

Prospek kerja pertama dari jurusan PGPAUD ini adalah menjadi Guru TK. Pekerjaan ini tentunya sangat menyenangkan karena bertemu dengan anak-anak yang lucu. Anda akan mengajari anak-anak dengan permainan dan kegiatan menyenangkan lainnya. Tidak ada hitungan matematika yang ribet ataupun hafalan anatomi otak.

2. Tutor Anak Usia Dini

Peluang kerja selanjutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan PGPAUD yaitu menjadi tutor anak usia dini. Pekerjaan ini biasanya berhubungan dalam memberikan edukasi pada anak usia dini. Jadi, tugasnya hampir sama seperti Anda menjadi seorang guru PAUD.

3. Guru Anak Berkebutuhan Khusus

Peluang atau prospek kerja PGPAUD berikutnya yaitu menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus. Jadi, selain menjadi guru TK, Anda pun juga dapat menjadi guru bagi anak berkebutuhan khusus. Untuk bisa memilih profesi ini, Anda yang memiliki latar belakang pendidikan PGPAUD perlu menguasai keterampilan dalam mengajar ABK.

4. Dosen PGPAUD

Yang keempat, Anda bisa berkarir sebagai tenaga pengajar di Perguruan Tinggi. Selain menjadi guru, tentunya Anda juga dapat menjadi dosen di jurusan sendiri. Anda dapat berbagi pengetahuan dengan mahasiswa yang tertarik dengan jurusan ini. Namun untuk menjadi dosen, setidaknya perlu melanjutkan pendidikan minimal S2.

5. Pekerja Sosial

Prospek kerja PGAUD selanjutnya adalah menjadi seorang pekerja sosial. Pekerja sosial ini akan membantu anak-anak yang terlantar untuk mendapatkan edukasi dan tempat tinggal yang nyaman. Untuk profesi ini tidak akan mendapatkan gaji tetapi lebih mendapatkan pahala dan merupakan pekerjaan mulia.

Baca juga: Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi

6. Kepala Sekolah Playgroup

Peluang kerja berikutnya berdasarkan jurusan PGPAUD, berpeluang untuk menjadi kepala sekolah Playgroup atau taman bermain. Untuk gajinya sendiri yaitu berkisar 2 sampai 4 juta.

7. Konselor Anak

Selain dapat menjadi seorang guru, Anda juga dapat menjadi seorang konselor anak di sekolah. Dengan pengalaman pendidikan, Anda dapat memberikan konseling pada anak-anak usia dini untuk membentuk kepribadiannya.

8. Direktorat PAUD

Peluang atau prospek kerja PGPAUD berikutnya yang bisa Anda pilih adalah dengan bekerja di direktorat PAUD. Lulusan PGPAUD tidak hanya menjadi tenaga pengajar. Anda juga bisa berkarir sebagai pengambil kebijakan dengan bergabung di direktorat PAUD. Direktorat ini ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anda bisa berkarir di sana dengan menjadi tenaga honorer atau PNS.

9. Pemilik Usaha Bidang Edukasi Anak Usia Dini

Peluang kerja selanjutnya yang bisa dilakukan lulusan PGPAUD adalah menjadi pemilik usaha bidang edukasi anak usia dini. Anda dapat menyediakan fasilitas edukasi bagi anak-anak usia dini. Anda bisa membangun wahana edukasi yang diperuntukkan bagi anak-anak usia dini.

10. Pemilik Usaha Tempat Bermain Anak

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi pemilik usaha tempat bermain anak. Usaha ini dapat menjadi peluang bagus untuk dilakukan. Hampir sama dengan poin sebelumnya, peluang usaha di bidang ini juga cukup menjanjikan. Untuk penghasilannya tergantung berapa banyak pelanggan ke tempat usaha Anda.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan Pendidikan Anak usia Dini. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar