3 Cara Memperbaiki Kualitas Tidur yang Berantakan
Siker.id | 11 Apr 2022 17:45


Bagikan ke
Cara perbaiki kualitas tidur (siker)

siker.id - Apa jadinya kamu bekerja seharian penuh tetapi ternyata istirahatmu kurang? pasti kamu kekurangan tidur karena acara demi acara dilalui sepanjang minggu. Nah, sebaiknya kamu tahu, lho cara meningkatkan kualitas tidur ini. Selain karena beban kerja yang tinggi, gangguan tidur seperti susah tidur nyenyak, sering terbangun tengah malam, sampai insomnia memang rawan menyerang kelompok pekerja. Tidak sedikit orang yang memaksa lanjut kerja lembur sampai larut karena terus menerus ingat targetnya. Beberapa orang bahkan rela mengorbankan waktu tidurnya untuk begadang supaya pekerjaan cepat selesai. Padahal, dampak dari kurang tidur sudah sering dibuktikan justru menurunkan produktivitas kerja. Berikut ini cara memperbaiki kualitas tidur yang sebelumnya berantakan.

Baca juga: Berikut 5 Kegiatan yang Dilakukan Saat Istirahat Kerja

Jadwalkan waktu bangun dan tidur di jam sama

Usahakan pergi dan bangun tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di weekend. Orang dewasa pada umumnya butuh 7-8 jam tidur tiap malam. Maka, jadwalkan waktu tidur dan bangun pagi kamu supaya mencukupi durasi tersebut. Jangan lupa sesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari. Sebagai contoh, kamu biasanya bangun dan siap-siap kerja mulai pukul 6 pagi. Nah, hitung mundur 8 jam dari waktu bangun pagi itu untuk tahu jam berapa sebaiknya kamu sudah memejamkan mata. Artinya, sekitar pukul 10 malam kamu harusnya sudah harus tidur.

Jernihkan pikiran sebelum tidur

Sisa-sisa stres, kecemasan, kekhawatiran, bahkan kemarahan yang kamu rasakan sepanjang hari bisa terbawa sampai malam kalau terus dibiarkan. Akibatnya, kamu jadi makin susah tidur nyenyak kalau pikiran sedang kalut. Nah, melepas stres sebelum tidur bisa jadi cara paling ampuh untuk meningkatkan kualitas tidur kamu sepanjang malam. Kamu bisa usir stres dengan melakukan hobi, misalnya membaca buku atau mendengarkan podcast, curhat dengan sahabat atau orang tua, sampai bermeditasi atau melakukan yoga.

Baca juga: Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Istirahat Kerja?

Mandi air hangat

Mandi air hangat bisa jadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran untuk bantu meningkatkan kualitas tidurmu. Hasil dari berbagai studi melaporkan, mandi atau berendam di air hangat 90 menit sebelum waktunya tidur bisa membantumu tidur lebih cepat dan pulas. Kontak kulit dengan air hangat akan mengirimkan sinyal ke otak untuk menurunkan suhu tubuh. Ketika tubuh “mendingin”, otak melepaskan melatonin sehingga kamu jadi siap untuk tidur.

Sekian artikel tentang cara memperbaiki kualitas tidur yang berantakan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Bahwa Tubuh Memerlukan Istirahat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar