Beberapa Manfaat Membangun Relasi Di Dunia Kerja
Siker.id | 12 Apr 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Dalam dunia kerja, merintis karier dengan cara bisa membangun relasi dengan orang yang tepat, selain sangat membantu juga bermanfaat untuk perkembangan diri. Jika kamu mampu berelasi dengan baik, maka banyak manfaat yang kamu dapat rasakan langsung di dunia kerja.

Berikut manfaat membangun relasi kerja yang harus kamu ketahui.

Baca juga : Beberapa Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

1. Saling bertukar ide 

Sumber pengetahuan tentu bisa kamu dapat dari buku, berita, internet dan lainnya. Namun, kalau memperoleh wawasan baru yang berasal dari rekan kerja tentu akan lebih seru untuk berdiskusi. Alhasil, kamu bisa saling bertukar ide tergantung topiknya.

Kalau kamu sedang mengalami kebuntuan mengerjakan tugas kantor, ini bisa jadi solusi untuk berdiskusi langsung. Pastikan rekan kerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu tekuni. 

2. Bisa memperoleh peluang baru 

Kalau saat ini telah membangun relasi dengan banyak orang, tidak menutup kemungkinan kamu akan memperoleh peluang baru. Memiliki relasi yang tepat akan membantumu mendapatkan informasi lowongan kerja, diajak kerja sama, bahkan buka usaha bareng.

Terkadang, memiliki banyak relasi justru mendatangkan peluang tidak terduga-duga. Maka dari itu, sangat penting untuk bisa menjaga dan membangun relasi yang memberi dampak positif untuk dirimu.

Baca juga : Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

3. Memperoleh tujuan hidup yang ingin dicapai

Banyak orang memiliki tujuan hidup untuk memperoleh kesuksesan pada kariernya. Jika sedari awal kamu merintis karier dengan relasi yang tepat, tentu bisa membantumu dalam menggapai cita-cita.

Itu sebabnya, hidup di dunia tentu tidak bisa sendirian, kamu juga perlu orang lain untuk bisa saling membantu ketika membutuhkan pertolongan. 

4. Membantumu menyelesaikan masalah

Biasanya, kedekatan yang erat satu sama lain kerap membantumu ketika sedang dalam kondisi sulit. Hal ini terjadi karena sudah ada hubungan baik dengannya, sehingga dengan senang hati membantumu.

Sama halnya dalam kariermu, di saat kamu sedang membutuhkan lowongan pekerjaan, pasti ada saja relasi yang membantumu. Entah dengan cara mencarikan informasi atau bahkan memberikan rekomendasi untuk bisa bekerja di perusahaan tempat dia bekerja.

5. Kesempatan untuk dapatkan promosi jabatan

Tidak hanya di luar tempat kerjamu saja, relasi juga perlu kamu bangun di tempat kerja. Bagaimanapun juga, memiliki kedekatan yang baik antar rekan kerja sangat penting untuk bisa mengetahui seberapa besar potensi yang ada dalam dirimu.

Alhasil, rekan kerja maupun atasanmu jadi bisa lebih mudah menilaimu dari sikap dan kemampuanmu. Dari sini kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan.

Nah, itu dia artikel tentang beberapa manfaat membangun relasi di dunia kerja. Memiliki relasi dengan orang-orang yang tepat bisa jadi salah satu support system yang membantumu dalam dunia kerja. 

Sekian untuk penjelasan artikel ini semoga bisa membantu, dan apabila kamu menyukainya bisa dibagikan, serta jika ada kritik dan saran juga bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tips Healing Sederhana Dari Pekerjaan Saat Weekend


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar