icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Administrasi Pendidikan?
Siker.id | 16 Nov 2021 16:30


Bagikan ke
Peluang Kerja bagi lulusan administrasi pendidikan ternyata masih banyak dan sering dicari. (siker)

siker.id - Dibandingkan jurusan Administrasi Bisnis, Administrasi Pendidikan memiliki peminat yang lebih rendah. Fokus pada pendidikan membuat beberapa orang lebih memilih jurusan Pendidikan yang memiliki prospek karir sebagai tenaga pendidik, guru atau dosen. Kamu yang mencari jurusan relevan dengan dunia pendidikan, bisa memilih Administrasi Pendidikan. Peluang atau prospek kerja administrasi pendidikan tak kalah luas dengan jurusan Pendidikan dan Keguruan. Berikut ini ulasannya:

Baca juga: Peluang Kerja Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling

1. Pustakawan

Sebagai pustakawan, Anda memiliki tugas untuk mengelola perpustakaan baik perpustakaan pemerintah, perpustakaan daerah, perpustakaan yang ada di sekolah atau yang lainnya. Anda yang suka buku dan lingkungan perpustakaan bisa banget menjadi seorang pustakawan.

2. Pengelola Pendidikan

Sebagai pengelola pendidikan, Anda akan ditugaskan di bagian kepegawaian, TU dan mendapatkan tugas sejenisnya. Karir di sekolah atau pun di perguruan tinggi bisa Anda mulai. Berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan di lembaga tersebut akan Anda ambil alih.

3. Tenaga Perencana Pendidikan

Sebagai perencana pendidikan, Anda akan bekerja di bagian perencanaan sekolah, lembaga pendidikan PTN atau PTS. Tugas Anda cukup banyak dan akan disesuaikan dengan SOP masing – masing instansi.

4. Pengawas Pendidikan

Profesi sebagai pengawas pendidikan termasuk salah satu profesi yang ada di dalam daftar recruitment CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Jika Anda menjadi pengawas pendidikan di Dinas Pendidikan tingkat Daerah atau Provinsi, maka Anda berpotensi untuk mendapatkan gaji pokok mulai dari 1,5 juta rupiah per bulan untuk golongan I dengan masa kerja selama 0 tahun.

5. Koordinator Online Learning

Yang kelima, lulusan dari jurusan ini bisa memilih karir sebagai koordinator online learning. Tugasnya adalah mengurusi pembelajaran daring atau online learning.

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Bagi Lulusan Ilmu Perpustakaan

6. Kepala Sekolah

Yang berikutnya lulusan administrasi pendidikan bisa berkarir sebagai seorang kepala sekolah. Dengan bekal materi dan wawasan di bangku kuliah yang mencakup manajemen kurikulum, manajemen mutu terpadu dan lain-lain, Kamu bisa mengambil peluang sebagai kepala sekolah.

7. Staf Dinas Pendidikan

Yang berikutnya, Kamu bisa bergabung menjadi pegawai pemerintah di Dinas Pendidikan baik tingkat daerah atau pusat. Kamu bisa menjadi pegawai honorer bisa juga masuk melalui rekrutmen CPNS. Gaji pegawai pemerintah jutaan rupiah tergantung dengan sistem kontrak atau PNS.

8. Wirausaha

Peluang atau prospek kerja administrasi pendidikan berikutnya yaitu menjadi wirausaha. Kamu bisa mengambil jurusan Administrasi Pendidikan dan memulai usaha sendiri. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Dewasa ini, bisnis sistem belajar online atau bimbingan belajar virtual bisa menghasilkan pendapatan yang fantastis.

9. Konsultan Pendidikan

Yang terakhir, Anda bisa menjadi konsultan pendidikan. Tugasnya untuk membantu calon siswa atau mahasiswa menemukan jurusan dan prospek karir dimasa depan. Gaji seorang konsultan pendidikan bisa mencapai angka Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan tergantung dengan spesialisasi yang diambil. Ada konsultan pendidikan umum atau khusus untuk calon mahasiswa yang tertarik belajar di negara tertentu.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan Administrasi Pendidikan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Buat Lulusan Teknik Alat Berat?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar