icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula
Siker.id | 11 Apr 2022 10:45


Bagikan ke
Memulai menulis artikel bagi pemula (siker)

siker.id - Saat ini profesi sebagai penulis atau content writer ternyata semakin ramai peminatnya, bahkan berkembang dengan pesat. Hal ini karena content writer bisa dilakukan secara fulltime maupun secara freelance sehingga bagi kaum milenial yang tertarik dengan dunia freelance banyak yang memilih profesi sebagai content writer sebagai tujuan karir mereka. Terlepas dari beberapa kontroversi content writer masih banyak orang yang belum memahami kaidah penulisan artikel yang baik dan benar. Berikut ini beberapa tips menulis sebuah artikel yang benar buat kamu pemula yang ingin memulai karir sebagai content writer.

Baca juga: 4 Hal yang Menunjukkan Kamu Penulis Sukses

Menentukan ide, topik, dan tema

Hal pertama yang harus kamu lakukan dari cara menulis artikel adalah menentukan ide tulisan atau sebuah masalah yang ingin dijawab dan diselesaikan dalam tulisan tersebut. Penentuan ide ini menjadi langkah yang penting karena seringkali penulis merasa kekurangan ide, tidak percaya diri dengan ide sendiri dan merasa idenya tidak semenarik ide orang lain.

Mencari referensi dan rujukan yang kredibel

Cara menulis artikel selanjutnya adalah mencari referensi dan rujukan yang kredibel. Tidak seperti tulisan fiksi yang berdasarkan imajinasi, menulis artikel membutuhkan sumber atau referensi yang benar. Caranya adalah dengan membaca hasil penelitian atau buku-buku yang relevan dengan tema artikel yang ingin kamu tulis. Memberikan referensi yang kredibel akan membantu meraih kepercayaan pembaca terhadap artikel yang kamu tulis.

Baca juga: 4 Peran Penting Editor Bagi Penulis

Menulis artikel secara singkat, padat, dan to the point

Cara menulis artikel berikutnya adalah menulislah dengan kalimat efektif yang mudah dipahami dan to the point. Hindari mengulang kata hanya untuk memperpanjang artikel dan memperbanyak jumlah kata, karena hal ini berpotensi membuat kalimat yang kamu tulis menjadi sulit dimengerti dan membosankan. Tulislah informasi dengan kata-kata yang jelas agar pembaca mendapatkan pemahaman yang maksimal terkait isu atau ide tulisan yang kamu tulis.

Sekian artikel tentang tips menulis artikel yang benar buat pemula. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Profesi yang Cocok bagi Seorang Penulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar