icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Cara Mengelola Kerja Shift dengan Baik
Siker.id | 09 Apr 2022 17:00


Bagikan ke
Cara kelola kerja shift (siker)

siker.id - Bukan rahasia bahwa kerja shift berdampak buruk pada kesejahteraan fisik, kondisi emosional, dan kesehatan mentalmu. Dalam industri yang membutuhkan layanan 24 jam atau minggu kerja yang beroperasi di sekitar rotasi shift 12 jam, masih banyaknya hambatan saat kamu menjalaninya.

Hobi yang pernah kamu sukai mungkin mulai dikesampingkan dan kelelahan akan kamu rasakan. Yang mana hal ini mengakibatkan emosi terputus, terisolasi, dan mungkin kebahagiaan tidak terpenuhi. Dan, jika dibiarkan hal ini akan bermasalah untuk dirimu. Oleh karena itu jalani tips berikut dalam kelola kerja shift.

Baca juga: Berikut Ini Tips Mengelola Kerja Shift Malam

Membuat sebuah tujuan

Kuncinya di sini adalah menciptakan tujuan, bukan daftar hal-hal yang harus dilakukan. Misalnya, kamu bisa menyusun daftar acara lokal yang ingin kamu hadiri di akhir pekan atau jadikan tujuan untuk berolahraga 30 menit setiap harinya. Anggap tujuanmu sebagai hal yang memicu emosi kegembiraan, petualangan, dan kesenangan itu. Hal ini dapat membantumu mengatasi kebosanan atau beban kerja shift.

Merefleksikan diri

Meskipun kerja shift dapat membuatmu bolak-balik selama jam-jam aneh, yakni jam-jam waktu istirahat dan tidur, ada kesempatan untuk duduk dan merenung selama waktu-waktu ini. Jika kamu bekerja di malam hari, kamu memiliki kesempatan untuk duduk dan merenung ketika dunia sedang tidur, yang sebenarnya bisa menjadi waktu paling tenang untuk menjernihkan pikiran. Selain merefleksikan diri, kamu juga bisa berolahraga.

Baca juga: Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?

Meluangkan waktu untuk orang yang kamu cintai

Dengan kerja shift, mungkin ada saat-saat di mana kamu melewatkan banyak peristiwa kehidupan yang terjadi di lingkaran dalam hidupmu, seperti pesta makan malam, happy hour, atau perjalanan hiking. Hal positif tentang jam kerja yang tidak biasa adalah memberimu waktu untuk merenungkan segelintir orang yang paling penting bagimu dan bagaimana kamu ingin menghabiskan waktu bersama mereka.

Sekian artikel tentang tips mengelola kerja shift. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kerja di Luar Negeri


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar