Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Bekerja
Siker.id | 10 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi menu sarapan (siker.id/freepik)

siker.id - Kebanyakan orang tidak sarapan atau melewatkan sarapan pagi karena terburu-buru ke kantor. Manfaat sarapan pagi padahal sangat banyak, dari membantumu menurunkan berat badan hingga badan menjadi memiliki energi yang cukup untuk bisa fokus saat bekerja.

Berikut ini adalah manfaat sarapan pagi yang perlu kamu ketahui.

Baca juga : 3 Manfaat Bisa Menyeimbangkan Hidup dan Pekerjaan

1. Membuatmu lebih berenergi dan berkonsentrasi

Manfaat sarapan pagi yang pertama adalah memberikan energi yang kamu butuhkan untuk memulai aktifitas. Cobalah untuk mengombinasikan sedikit karbohidrat dengan protein. Dengan begini, perutmu bisa tetap kenyang sampai jam makan siang.

Selain itu, seseorang yang melewatkan sarapan, umumnya akan lebih mudah marah, dan sulit berkonsetrasi. Jadi, jika kamu ingin pekerjaanmu berjalan dengan lancar, cobalah untuk tidak melewatkan sarapanmu.

2. Menjaga berat badan sehat

Jika takut berat badan naik menjadi salah satu alasanmu untuk melewatkan sarapan, sebaiknya kamu pikirkan lagi. Karena ternyata, sarapan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaanmu, dan menghindarimu makan berlebih di saat jam makan siang.

Nah, dengan begini berat badanmu pun dapat lebih terjaga. Tapi, tentunya kamu juga perlu memilih makanan sehat dan dengan porsi yang cukup.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres

Bagi karyawan yang tidak sempat untuk menjalankan aktitas sarapan pagi akan cenderung lebih rentan mengalami stres. Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung akan lebih siap dalam menjalankan pekerjaan serta lebih menikmati pekerjaannya tersebut.

Baca juga : 3 Manfaat dari Melakukan Hobi Menulis

4. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Pekerja yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Manfaat sarapan pagi juga didapatkan sebagai pelindung tubuh dari penyakit. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

5. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh. Dengan pemenuhan nutrisi ini sebelum bekerja, maka stamina dan energi tetap terjaga.

6. Membuat otak lebih fresh

Otak merupakan komponen utama bagi kita untuk bisa melakukan kegiatan, karena ketika otak fresh dan segala sesuatu yang dilakukan tidak akan ada masalah. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukan itu butuh otak untuk berpikir keras.

Nah, itulah beberapa manfaat sarapan pagi sebelum bekerja. Semoga dapat membantu kalian, dan penting untuk menjaga kesehatan yang merupakan komponen penting dalam kehidupan. Apabila anda menyukai artikel ini bisa dibagikan pada kerabat, dan jika ada kritik maupun saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Beberapa Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar