Manfaat Yoga Untuk Pekerja Kantoran
Siker.id | 09 Apr 2022 10:00


Bagikan ke
Ilustrasi Yoga (siker.id/freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Dalam dunia kerja, banyak orang bersaing menjadi pekerja yang produktif dan berprestasi. Tanpa disadari mereka menggunakan waktu dan tenaga dengan sangat berlebihan demi sebuah pencapaian, dari mengasah skill, memperbanyak pengetahuan serta pengalaman, dan lain sebegainya.

Para pekerja kantoran juga tetap harus menjaga kesehatan dengan olahraga, namun banyak yang beralasan tak punya banyak waktu untuk sekedar pergi ke gym atau tempat olahraga umum lainnya. Nah, olahraga satu ini dapat dilakukan dimana saja, termasuk di rumah ataupun di sela-sela kesibukan di kantor, yaitu yoga. 

Olahraga satu ini memang tidak membutuhkan banyak modal, sekarang ini juga sudah banyak tutorialnya di youtube. Lalu apa saja manfaat dari yoga bagi para pekerja kantoran, berikut penjelasannya.

Baca juga : 3 Jenis Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan

1. Menjaga kebugaran tubuh

Seperti yang orang ketahui, bahwa olahraga bukan hanya bisa membantu tubuh mengurangi lemak dan membuat kita mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tapi juga membantu menjaga kebugaran fisik terutama bagi kita para pekerja yang merasa tak memiliki waktu untuk berolahraga.

Bekerja di kantor saja sudah membuat kita lelah, tentu kita pun ingin tetap sehat dengan cara yang tak banyak menguras tenaga. Dan yoga adalah salah satu olahraga yang bisa diterapkan dan membantu kita menjaga kebugaran tubuh.

2. Mengurangi stres pada pekerjaan

Banyak kerugian yang kita alami saat mengalami stres akibat terlalu lelah bekerja. Salah satunya yaitu produktivitas dan performa kerja kita menjadi menurun. Dan tentu saja kita membutuhkan penawar dari setiap kondisi yang merugikan itu. Salah satunya dengan rutin melakukan yoga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The University of San Fransisco menyatakan, bahwa Yoga sendiri memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengurangi stres seorang pekerja. Salah satunya melalui teknik pernapasan dan peningkatan kesadaran diri yang diajarkan selama prosesi yoga berlangsung. Yang banyak orang tahu jika yoga hanya olahraga dengan gerakan tubuh yang lambat dan membosankan, padahal di dalam setiap gerakan yoga memiliki manfaatnya masing-masing.

Baca juga : 3 Tips Memulihkan Diri dari Burnout

3. Membuat tubuh semakin relax

Melalui yoga akan dihasilkan energi seimbang yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Yoga juga menghambat perasaan takut, cemas, kemarahan dan membantu menstimulasi pusat kesenangan di otak.

Sehingga bagaimanapun tertekannya kita saat di kantor, kita membutuhkan hiburan untuk sejenak melepas penat dan membuat badan, pikiran dan juga perasaan menjadi rileks. Selain menikmati waktu untuk hangout bersama teman-teman, melalui yoga kamu bisa mendapatkan itu semua.

4. Meningkatkan konsentrasi saat bekerja

Menurut University Health News Daily yang merangkum hasil penelitian tentang yoga. Salah satu hasilnya yaitu berlatih yoga beberapa kali dalam seminggu secara positif dapat memengaruhi respons tubuh terhadap stres yang kita alami.

Di mana stres menjadi berkurang dan kemampuan kognitif kita semakin meningkat. Sehingga dengan rutin melakukan yoga juga bisa membantu kita berpikir lebih jernih dari biasanya dan mampu berkonsentrasi untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya.

Buat kita yang merasa sulit berkonsentrasi karena terlalu banyak pekerjaan yang membuat lelah, coba lakukan yoga. Gerakan sederhana yang kaya akan manfaat.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Olahraga yoga dikenal sebagai salah satu terapi bagi siapapun yang mengalami kesulitan dalam pola tidurnya. Psychology Today memuat ulasan tentang penelitian di Harvard Medical School yang menyatakan bahwa, melakukan praktik yoga setiap hari dapat memengaruhi pola tidur bagi penderita insomnia.

Serta mendapati bahwa kualitas dan kuantitas tidur mereka yang rutin melakukan yoga juga semakin meningkat. Hal ini nyatanya juga bisa dipraktikkan bagi para pekerja yang memiliki kesulitan dalam tidur malamnya.

Nah, beberapa manfaat dari yoga untuk para pekerja diatas sudah dijelaskan dan tidak ada salahnya mencoba olahraga yang satu ini. Meski di awal akan merasa bosan, tapi setelah tahu manfaatnya maka kita pun akan semakin menyukai dan ingin memperdalam yoga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin berolahraga walau sibuk dengan pekerjaan. Apabila menyukai artikel ini bisa dibagikan kepada kerabat, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Bekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian