4 Kekurangan Berkarir sebagai Freelance
Siker.id | 08 Apr 2022 20:00


Bagikan ke
Kekurangan berkarir sebagai freelance (siker)

siker.id - Sampai sekarang bekerja freelance memang menjadi primadona tersendiri dikalangan generasi milenial dan generasi Z. Dengan akses bebas tak terbatas membuat pekerjaan freelance ini memiliki sejumlah keuntungan baik mengatur jam kerja, bekerja dimana pun berada dan menjadi bos atas pekerjaan diri sendiri. Tetapi walau dengan segudang keuntungan itu, pekerjaan freelance ini juga memiliki segudang kekurangan yang perlu kamu tahu. Agar nantinya tidak kaget dalam memilih karir sebagai pekerja freelance, kamu perlu tahu beberapa kekurangannya dalam ulasan dibawah ini.

Baca juga: Situs Freelance Online untuk Mahasiswa

Beban kerja freelancer yang tidak stabil

Kekurangan menjadi freelancer pertama adalah beban kerja dan penghasilan yang tidak stabil atau konsisten. Untuk sebagian besar, kamu tidak akan bisa bergantung pada proyek reguler, klien, atau keuntungan apapun. Berbeda dengan pekerjaan tradisional dimana kamu akan tahu dengan pasti seberapa besar beban kerja dan gaji yang kamu terima setiap bulannya.

Freelancer mengerjakan banyak peran dan tanggung jawab

Tugas freelancer selanjutnya adalah mencari klien dan proyek sendiri. Itu berarti bahwa freelancer adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab. Kamu harus bekerja lebih keras karena harus bertanggungjawab atas berbagai peran, termasuk pemasaran, periklanan, dan penjualan.

Baca juga: Berikut 4 Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari

Freelancer tidak mendapatkan tunjangan dari pemberi kerja

Selanjutnya, kekurangan dari freelancer adalah tidak mendapatkan tunjangan dari pemberi kerja, seperti tunjangan kesehatan. Memulai pekerjaan sebagai freelancer berarti kamu siap untuk tidak lagi mendapatkan upah apabila kamu sakit atau berlibur. Setiap hari kamu tidak bekerja adalah hari kamu tidak akan dibayar.

Freelancer memiliki risiko tidak dibayar

Kekurangan freelancer terakhir adalah adanya risiko tidak dibayar. Hal ini cukup umum terjadi di dunia freelance, sehingga peran seorang freelancer adalah menjadi penagih utang. Sebenarnya ada beberapa cara untuk melindungi diri dari klien tidak bertanggung jawab, tetapi terkadang kebanyakan orang tidak mempersiapkan hal tersebut, salah satunya adalah membuat kontrak kerja.

Sekian artikel tentang kekurangan bekerja sebagai pekerja freelance. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Situs Online Untuk Pekerja Freelance


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar