icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
8 Cara Memberi Kesan Baik Saat Pertama Bekerja
Siker.id | 16 Nov 2021 14:25


Bagikan ke
Saat pertama kali masuk kerja, sebisa mungkin buatlah kesan baik agar bisa meninggalkan hal positif pada rekan kerja. (siker)

siker.id - Memberikan impresi baik di hari pertama kerja adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kesan pertama dapat dengan membentuk reputasi dan persepsi jangka panjang di tempat kerja. Tetapi faktanya, hal tersebut sulit untuk dilakukan. Rasa takut dan tidak percaya diri dapat menjadi momok yang bisa membuat gugup dan akhirnya gagal untuk memberikan impresi yang membekas. Kira-kira, apa yang bisa Anda lakukan untuk meninggalkan kesan yang baik di benak atasan dan rekan kerja pada hari pertama kerja?

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Bosan saat Bekerja

1. Berangkat Lebih Awal

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jam kedatangan hari pertama ngantor. Cobalah untuk bangun 30-60 menit lebih awal di hari pertama, sehingga punya waktu untuk mempersiapkan diri dan berangkat ke tempat kerja tanpa tergesa-gesa. Waktu perjalanan singkat mungkin tidak memotivasimu untuk bangun lebih awal daripada biasanya, namun siapa yang tahu berapa lama waktu yang diperlukan dengan lalu lintas pagi yang macet.

2. Pastikan Pakaian Nyaman dan Sesuai

Berpakaianlah secara formal dan rapi untuk menghindari kesan negatif dari rekan kerja. Meskipun karyawan di kantor tersebut berpakaian secara kasual, tidak ada salahnya berpakaian kasual secara cerdas untuk membuat kesan baik.

3. Memperkenalkan Diri Pada Rekan Kantor

Cara berikutnya adalah untuk tetap percaya diri dan kenalkan diri pada rekan kerja di kantor. Anda bisa mencoba dengan berkeliling kantor untuk mengenalkan diri atau minta diperkenalkan oleh atasan pada divisi lain. Biasanya, atasan atau pihak HRD akan mengajak Anda berkeliling untuk berkenalan divisi-divisi yang ada di kantor. Pastikan juga Anda hadir untuk melakukan kegiatan ini agar bisa mulai membangun hubungan yang baik dengan kolega di tempat kerja.

4. Pelajari Nama Rekan Kerja

Anda akan bertemu banyak orang, beberapa di antaranya bahkan bukan anggota tim yang akan menjadi rekan kerja. Karena tidak mungkin menghafal nama setiap orang, cukup fokus dalam mengingat nama anggota tim saja. Anda akan menghabiskan kebanyakan waktu dengan mereka. Jadi semakin cepat mengenal namanya semakin awal Anda akan merasa nyaman di tempat kerja baru.

Baca juga: Manfaat Bekerja Sesuai Passion dan Kapasitas diri

5. Perbanyak Mendengarkan dan Mengamati

Sebagai fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, gunakan minggu-minggu pertama untuk perbanyak mendengar dan mengamati. Dengarkan penjelasan dari senior-senior, jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan untuk hal yang tidak diketahui. Selain bisa membangun relasi, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bisa bekerja sama dan mudah bergaul.

6. Temukan Mentor yang Tepat

Temukan senior yang bisa Anda jadikan tempat bertanya segala hal, baik tentang pekerjaan, tugas hingga politik kantor. Kolega yang berpengalaman ini, lazim disebut mentor, dapat memberikan bantuan yang sangat berharga untukmu memulai karier dan sukses menitinya ke depan. Seorang mentor bisa memandu Anda melalui situasi sulit dan dapat membagikan pengalaman serta wawasan.

7. Berani Ambil Inisiatif

Setiap perusahaan tentu ingin karyawan yang kreatif, penuh ide dan inisiatif. Setelah menyelesaikan tugas, jangan hanya diam, ambil inisiatif pada hal-hal tertentu. Berani mengambil inisiatif tanpa harus disuruh terlebih dahulu akan meninggalkan kesan bahwa Anda adalah seorang yang bisa diandalkan.

8. Menahan Diri Untuk Tidak Bergosip

Salah satu hal yang bisa terjadi di hari pertama kerja adalah mendapatkan berita-berita mengenai lingkungan kerja. Hal ini bisa saja terjadi. Ada banyak cerita yang bisa didapatkan ketika masuk di hari pertama. Kendati demikian, informasi yang Anda dapatkan sebaiknya menjadi rahasia Anda sendiri. Untuk itu sebaiknya Anda berfikir dua kali sebelum mengomentari informasi baru. Pastikan bahwa Anda fokus bekerja di hari pertama masuk.

Sekian artikel tentang cara memberi kesan baik saat pertama kali kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Motivasi Diri Sendiri, Biar Makin Aktif dan Produktif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar