4 Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kerja di Luar Negeri
Siker.id | 07 Apr 2022 20:00


Bagikan ke
Pertimbangan sebelum kerja di luar negeri (siker)

siker.id - Bekerja di luar negeri pastinya sudah menjadi keingan terbesar kebanyakan orang terutama kalangan milenial saat ini. Bagaimana tidak bisa bekerja sambil jalan-jalan mengelilingi kota dan daerah yang sebelumnya hanya bisa mereka lihat dari tv saja dan sekarang menjadi kenyataan pastinya bisa menjadi hal menyenangkan. Tetapi tahukah kamu banyak persiapan sebelum kamu bisa benar-benar bekerja diluar negeri. Berikut ini beberapa pertimbangan yang sebaiknya kamu pikirkan sebelum benar-benar memutuskan resign dan pindah bekerja di luar negeri. Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Persiapan Saat Hari Pertama Bekerja

Izin orang tua

Sebelum membuat keputusan kamu perlu mempertimbangkan keadaan keluargamu dan tentunya meminta izin dari orang tua. Jika orang tuamu merasa keberatan dengan keputusanmu untuk pergi ke luar negeri, mungkin sebaiknya kamu menunda keberangkatanmu sampai semua keadaan mendukungmu dan orang tuamu juga memberikan izin untuk kamu bekerja di luar negeri.

Kesiapan fisik dan kesehatan

Persiapan berikutnya adalah keadaan fisik dan kesehatan kamu. Jika kamu seorang pasien komorbid yang membutuhkan konsultasi ke dokter secara berjangka, kamu harus mencari tahu apakah fasilitas kesehatan di negara tujuan kamu mudah diakses. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan doktermu di sini dan persiapkan semua rekam medismu untuk ditransfer ke rumah sakit di negara tujuan nanti agar pengobatanmu tidak terputus.

Baca juga: Tips Tren Bekerja di Kantor yang Modern

Kesiapan mental

Saat kamu tiba di negara lain nanti, hal pertama yang pasti kamu rasakan adalah culture shock. Hal ini tidak dapat kamu hindari, tapi bisa kamu hadapi dengan lebih baik. Sehingga kamu harus mempersiapkan mental kamu dengan baik. Mempersiapkan mental tidak hanya berkaitan dengan culture shock tapi juga dengan homesick. Berada sendirian di lingkungan yang bukan zona nyaman kamu pasti akan berat.

Kesiapan finansial dan dokumen

Saat memutuskan untuk bekerja di luar negeri, penting bagi kamu untuk mengatur kesiapan finansial dan dokumen penting. Kamu perlu menghitung dan memperkirakan pengeluaran yang akan kamu habiskan di negara baru nanti. Kamu juga harus tahu standar biaya hidup di negara tersebut untuk dapat menghitung. Setelah mengetahui perkiraan biaya tersebut, kamu harus mempertimbangkan kesiapan finansialmu. Selain menyiapkan keadaan finansial, siapkan juga dokumen-dokumen yang akan kamu butuhkan dan mungkin akan dibutuhkan juga saat kamu berada di sana.

Sekian artikel tentang pertimbangan sebelum bekerja di luar negeri. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Mulai Bisnis meski Masih Bekerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar