Fungsi Microsoft Excel Yang Cocok Untuk Perkantoran
Siker.id | 07 Apr 2022 10:18


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Di dunia kerja, Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang sudah menjadi kebutuhan kantor dan kelebihannya yang sangat membantu penyelesaian pekerjaan. Definisi Microsoft Excel sendiri yaitu sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. 

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang akan mempermudah pekerjaan dalam pengolahan data, statistik, dan berbagai fitur lain. 

Berikut fungsi Microsoft Exel yang selalu dibutuhkan pada pekerjaan setiap harinya, dihimpun dari berbagai sumber:

Baca juga : 3 Cara Memisahkan File PDF dengan Mudah

1. Menjumlahkan Data

Anda hanya perlu menggunakan Statistical Function yang terdapat pada tab Formulas. Berikut adalah Statistical Function yang dapat Anda gunakan :

- Sum : Digunakan untuk menjumlahkan keseluruhan data

- Average : Digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan data

-  Count Numbers : Digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memuat angka

-  Max : Digunakan untuk mencari nilai terbesar

- Min : Digunakan untuk mencari nilai terkecil

2.  Basic Template

Ketika menggunakan Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan berbagai basic template yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan ketika membuka Microsoft Exel, basic template ini bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Kita dapat membuat berbagai laporan yang lebih menarik, disertai dengan chart dalam menggunakan Microsoft Excel seperti financial budgeting, daily schedule, list, dan berbagai laporan lainnya dengan mudah sesuai kebutuhan pekerjaan kita.

Baca juga : Berikut Tips Membuat CV ATS agar Mudah Dibaca Sistem

3. Number Formating

Fungsi Microsoft Excel juga dapat mengatur format angka yang terdapat pada sheet dengan menggunakan Numbers Format yang terdapat pada tab Home.

Di sini terdapat beberapa bentuk Numbers Formatting yang dapat digunakan untuk memformat tanggal, mata uang, waktu, pecahan, dan keperluan lainnya.

4. Merapikan Text dengan Basic Text Function

Pada umumnya, jumlah data yang terdapat di Microsoft Excel cukup banyak. Namun, terkadang data yang ada sangatlah banyak, dan penulisannya masih bisa salah tidak sesuai kaidah PUEBI.

Misalnya, ada beberapa kata yang belum tertulis menggunakan huruf kapital yang seragam. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut harus merapikannya satu-persatu karena Anda dapat mengetikkan formula khusus di bawah ini :

Trim : Untuk merapikan tulisan dan menghapus space yang tidak diinginkan. Formulanya adalah =TRIM(CELL)

Proper Case : Dengan menggunakan formula ini, setiap kata yang tertulis akan diawali huruf kapital. Cocok digunakan untuk penamaan nama. Formulanya adalah =PROPER

Upper Case : Seluruh karakter yang ada di tulisan tersebut akan tertulis menggunakan huruf kapital. Formulanya adalah =UPPER

Lower Case : Seluruh karakter yang ada akan tertulis menggunakan huruf kecil. Formulanya adalah =LOWER

Len : Untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat pada kata tersebut. Formulanya adalah =LEN

5. Freeze untuk Menutup Sebagian Cell Agar Tidak Salah Input

Pada saat pekerjaan membutuhkan input data yang begitu banyak, dan penglihatan membuat sulit. Bisa menggunakan fungsi Microsoft Excel dari untuk menutup sebagian data yang sudah dibuat agar mempermudah penginputan data selanjutnya. Fungsi Freezes ini terdapat pada tab View.

Diatas tadi adalah beberapa dari fungsi Microsoft Excel yang sering dimanfaatkan untuk pekerjaan sehari-hari. Sekian artikel yang disampaikan, semoga dapat membantu Anda dalam bekerja. Jika Anda menyukai dapat dibagikan pada kerabat, serta jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Agar Lolos Dengan Mudah, Yuk Pelajari 7 Macam Tes Psikologi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian