3 Prinsip Zen untuk Mengatasi Stres saat Kerja
Siker.id | 07 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Prinsip zen atasi stres kerja (siker)

siker.id - Zen adalah gaya hidup yang mengutamakan keharmonisan antara tubuh dengan pikiran. Dengan kata lain zen adalah sebuah teknik meditasi yang terkait dengan psikologi dan filosofi Buddha. Zen merupakan sebuah praktik yang mendorong setiap orang untuk menerima seluruh masalah dalam hidup. Zen mampu mendorong setiap orang untuk menerima dan menjalani hidup seperti apa adanya, dengan seluruh keindahan, kebahagian, dan kesedihan di dalamnya. Hidup ini singkat, karena itu penting untuk membuat setiap hari berharga dan penuh syukur. Prinsip-prinsip zen akan membantu kamu menjalani hidup yang terbaik setiap hari, sehingga pikiran dan tubuh pun akan lebih sehat terutama dalam dunia kerja. Berikut ini prinsip zen yang bisa digunakan untuk mengatasi stress saat kerja.

Baca juga: 5 Pekerjaan Dengan Tingkat Stres Rendah tapi Bergaji Oke

Memberikan ketenangan

Latihan pernapasan tentu akan membuatmu menjadi rileks. Mungkin, pikiranmu diliputi oleh kecemasan akan rencana-rencana di masa depan, rasa lelah dari kegiatan yang terlalu padat, dan kekhawatiran tentang hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Akibatnya, pikiran pun menjadi ramai dan tak terkendali. Berpikir secara berlebihan dapat menyebabkan kamu menjadi stres. Oleh karena itu, latihan pernapasan diperlukan agar mendapatkan ketenangan.

Terhindar dari stres

Zen akan membuat stres kamu menjadi berkurang. Memiliki sifat zen berarti menemukan kesadaran penuh pada momen yang sedang terjadi. Hal ini akan membantumu melepaskan stres, kegelisahan, frustasi, dan amarah. Fokus dengan pemikiran dan tindakan positif akan membantumu rileks. Melepaskan apa yang tak dapat dikendalikan, memahami perasaan, dan memanfaatkan waktu untuk diri sendiri akan membantumu mencapai pikiran yang lebih positif, sehingga kamu akan terhindar dari stres yang membelenggu.

Baca juga: 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tinggi

Mengenal diri sendiri

Zen dapat membantumu untuk mengenal diri sendiri. Dengan zen, kamu dapat melihat ke dalam diri kamu, serta memaafkan kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu. Selain itu, kamu juga akan melakukan pekerjaan dengan secara sadar, hal itu sebagai tanda betapa berharganya pekerjaan tersebut, kamu sadar akan kebebasan yang kamu miliki. Terkadang ketika kamu menjadi larut dalam pekerjaan yang kamu kerjakan, kamu terbawa dalam peran tersebut, sehingga melupakan diri kamu yang sebenarnya.

Sekian artikel tentang prinsip zen untuk hindari stress saat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 3 Cara Mensiasati Stres buat Wanita Karir


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar