3 Cara Menentukan Profesi yang Tepat
Siker.id | 07 Apr 2022 11:30


Bagikan ke
Cara menentukan profesi yang tepat (siker)

siker.id - Memilih profesi ternyata bukanlah hal yang bisa dikatakan mudah, karena tidak hanya tentang uang atau penghasilan. Namun juga bisa berupa kenyamanan dan kepuasan dalam bekerja. Jika Anda saat ini berumur 18an, Anda mungkin bingung memilih jurusan yang bagus untuk karir masa depan Anda. Jika Anda berumur akhir 20an atau 30an, Anda bisa jadi merasa tidak cocok dengan pekerjaan Anda yang sekarang sedang dijalani. Namun Anda sendiri tidak tahu apakah sebaiknya Anda pindah profesi atau tidak pada saat itu. Solusi untuk kedua kondisi di atas sama. Berikut tips memilih profesi yang tepat dan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Baca juga: Berikut Profesi yang Dulunya Dipinggirkan sekarang Dicari

Memilih profesi berdasarkan hobi

Menjalani pekerjaan sesuai hobi itu sangat cocok untuk dijalankan. Selain menghasilkan uang, rasa senang juga akan didapatkan saat menjalani pekerjaan tersebut. Maka dari itu, Anda harus mengenali apa hobi Anda, lalu ubahlah hobi Anda tersebut menjadi suatu pekerjaan. Contoh Anda yang hobi main sepak bola bisa menjadikan hobi Anda sebagai pekerjaan. Anda bisa menjadi pemain sepak bola profesional atau membuat tulisan/konten tentang sepak bola.

Memilih profesi sesuai dengan karakter diri

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih profesi yang sesuai dengan karakter pribadi Anda. Alasan utamanya adalah karena karakter pribadi Anda sangat mempengaruhi cara Anda bekerja. Seperti ikan yang dipaksa memanjat pohon. Anda akan kesulitan untuk memiliki kinerja yang baik karena profesi Anda tidak sesuai dengan karakter Anda. Misalnya Anda tidak senang bertemu orang, maka Anda tidak cocok untuk menjadi sales atau menjadi recruiter.

Baca juga: Profesi yang Dapat Membuat Anda Keliling Dunia

Faktor lingkungan tempat bekerja

Bagi Anda yang akan bekerja di kantor atau di suatu perusahaan, maka sebelum memilih suatu pekerjaan, Anda harus mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja. Hal ini penting dilakukan karena tempat bekerja dapat memberi pengaruh terhadap kinerja kita. Tempat kerja yang kondusif dapat memberikan kenyamanan bekerja. Anda dapat mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja dengan bertanya pada orang yang bekerja disana atau yang pernah bekerja disana, atau mencari informasi di internet.

Sekian artikel tentang 3 cara menentukan profesi yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar