4 Hal Penting Dalam Membangun Etika Bisnis
Siker.id | 07 Apr 2022 08:30


Bagikan ke
Hal penting membangun etika bisnis. (siker)

siker.id - Etika Bisnis adalah perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan seluruh elemen dari sebuah organisasi perusahaan mulai dari karyawan biasa hingga manajer dan CEO. Contoh, jika ketidakjujuran dipandang sebagai perilaku yang tidak etis, maka siapapun di dalam kegiatan usaha (manajer atau karyawan) yang tidak jujur terhadap para pekerja, para pemegang saham, para pelanggan maupun para pesaingnya, maka mereka dipandang tidak memiliki etika bisnis. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (patokan/rambu-rambu) yang menjamin kegiatan bisnis menjadi lebih seimbang, serasi dan selaras. Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada dalam kelompok bisnis serta kelompok terkait lainnya. Dalam menciptakan etika bisnis, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Baca juga: Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Partner Bisnis Anda

Pengembangan tanggung jawab sosial

Pelaku bisnis harus peduli terhadap keadaan masyarakat, tidak hanya dalam bentuk “uang” dengan cara memberi sumbangan, melainkan lebih kompleks lagi. Contohnya pelaku bisnis diharapkan tidak menaikan harga jual terhadap masyarakat saat permintaan meningkat. Pelaku bisnis tidak seharusnya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meraup untung yang sebanyak banyaknya. Dalam keadaan seperti itu, mereka harus mampu mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar.

Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”

Pelaku bisnis seharusnya tidak hanya memikirkan keuntungan sesaat, tetapi perlu memikirkan bagaimana keadaan di masa yang akan datang. Pelaku bisnis dituntut untuk tidak mengeksploitasi lingkungan, meskipun saat itu merupakan kesempatan untuk memperoleh keuntungan besar.

Baca juga: 3 Cara Mulai Bisnis meski Masih Bekerja

Konsisten & Konsekuen

Semua konsep etika bisnis tidak akan terlaksana jika tidak semua pelaku bisnis konsekuen dan konsisten dengan etika yang sudah disepakati. Contohnya andaikan ketika sebuah bisnis sudah disepakati, ada oknum dari pengusaha maupun pihak lain yang mencoba untuk melakukan “kecurangan” demi keuntungan pribadi, jelas semua konsep etika bisnis itu akan gagal.

Persaingan yang sehat

Persaingan diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, tapi tidak sampai mematikan yang lemah. Seharusnya ada hubungan erat antara pelaku bisnis besar dan menengah ke bawah, sehingga perusahaan besar mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya.

Sekian artikel tentang hal penting dalam menciptakan etika bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Follow Up Bisnis yang Baik


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar