Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Partner Bisnis Anda
Siker.id | 06 Apr 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar relasi dengan partner bisnis (siker.id/freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Dalam menjaga hubungan kemitraan dengan partner bisnis pastinya tidak mudah. Di dalam cara berpikir, serta bersikap terkadang ada perbedaan yang dapat memicu adanya perselisihan. Bisnis tidak akan bisa bertahan lama apabila didalamnya terdapat konflik terus-menerus.

Maka dari itu, untuk mempertahankan bisnis dengan berbagai ketidakcocokan atau perbedaan pola pikir, baiknya anda maupun partner bisnis anda harus bisa saling bekerja sama berusaha untuk menjaga hubungan yang baik. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan partner bisnis anda.

Baca juga : 3 Alasan Berhenti Bersikap Tidak Enak pada Rekan Kerja

1. Saling melengkapi kekurangan

Identifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Lalu, pastikan Anda memilih rekan bisnis yang dapat mengisi kekurangan Anda. Menjalin kerja sama dengan orang yang menguasai keahlian berbeda dari Anda, akan membuat bisnis semakin kuat. Sebab Anda berdua dapat saling melengkapi dan menguntungkan satu sama lain.

2. Sepakat dengan tujuan yang ditentukan bersama

Anda harus mengawali jalinan kemitraan bisnis dengan membuat kesepakatan mengenai visi. Pastikan bisnis memiliki tujuan jangka panjang yang dibuat bersama-sama. Hal ini penting agar Anda dan rekan bisnis dapat berjalan ke arah yang sama. Sehingga setiap rencana akan lebih mudah dieksekusi sesuai dengan harapan.

Baca juga : 3 Tanda Kamu Bersaing dengan Rekan Kerja

3. Menjalankan sesuai peran masing-masing

Setiap orang punya peran yang berbeda. Masing-masing harus menyadari apa yang menjadi tanggung jawabnya dan berkomitmen dalam menjalankannya. Maka dari itu, pastikan kalian sudah membagi tugas dengan baik dan adil. Lalu, jalankan tugas sesuai kesepakatan secara profesional. Sehingga tidak ada pihak yang coba mengambil alih tugas dan melakukan semuanya sendiri atau salah satu memiliki pekerjaan yang lebih sedikit. Karena hal tersebut akan membuat hubungan kerja sama menjadi tidak seimbang.

4. Menjaga komunikasi

Anda dan partner bisnis harus selalu menjaga komunikasi dalam segala kondisi. Pastikan tidak ada yang menyimpan rahasia, karena akan membuat kepercayaan menjadi luntur. Bahkan saat terjadi masalah, tidak ada yang boleh menutupinya dan berusaha mengatasinya sendiri. Namun, bicarakan segalanya agar ditemukan solusi yang terbaik.

5. Memperbaiki kesalahan

Jika Anda melakukan kesalahan, Anda harus mengakuinya kepada rekan bisnis Anda. Jangan malah mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan. Ingat, Anda perlu menghormati rekan Anda. Perlakukan dia dengan baik, dengan cara berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat.

Sekian tips agar hubungan Anda dan partner bisnis Anda bisa tetap terjaga dengan baik. Semoga tips diatas membantu Anda dalam menjaga hubungan dengan partner bisnis dapat bertahan lama dan bermakna. Terima kasih.

Baca juga : 3 Sikap yang Harus Dihindari agar Mendapatkan Mitra Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian