icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Hal yang Harus Diperhatikan agar Karyawan Betah
Siker.id | 06 Apr 2022 18:30


Bagikan ke
Hal yang membuat karyawan betah. (siker)

siker.id - Turnover atau istilah lokalnya, gonta-ganti sumber daya manusia karyawan sepertinya menjadi masalah yang cukup pelik dialami oleh perusahaan. Ancaman turnover itu bukan masalah sepele. Turnover yang tinggi di perusahaan akan berdampak besar pada proses bisnis. Menghadapi persoalan ini sebenarnya hanya satu: buat karyawan betah bekerja di perusahaan Anda.

Gimana sih agar karyawan betah bekerja di perusahaan Anda? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan perusahaan agar karyawan feel like a home di kantor. Kepuasan kerja, rasa aman, penghargaan karyawan, dan perasaan merasa diperlakukan secara adil oleh perusahaan. Berikut ini ulasannya!

Baca juga: 5 Tips Pemilihan Kampus Kelas Karyawan

Jangan abaikan keinginan dan kebutuhan karyawan

Bagi sebagian generasi terutama generasi Y dan generasi Z, gaji bukanlah hal yang utama. Tapi bagaimana mereka dapat mencapai idealisme mereka di tempat kerja. Anda harus terus bangun komunikasi dengan karyawan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Menurut Keri Higgins Bigelow, CEO LivingHR melalui Forbes HR Council, mengetahui keinginan dan kebutuhan karyawan tidak semata-mata dengan besarnya gaji. Fleksibilitas, kebahagiaan, kesempatan tumbuh dan belajar, dan program-program eksternal adalah hal yang rata-rata karyawan inginkan dan butuhkan.

Buat lingkungan kerja yang dinamis dan nyaman

Ada alasan dibalik kenapa perusahaan-perusahaan saat ini tidak lagi menggunakan sekat dalam bekerja. Karena di era yang cepat, pekerjaan membutuhkan kolaborasi yang dinamis. Lingkungan kerja yang dinamis juga dapat meningkatkan nilai dan rasa engagement karyawan.

Selain model kantor yang kolaboratif, perusahaan juga perlu membangun lingkungan kerja yang menyenangkan dan tidak kaku. Misalnya buat fleksibilitas kerja, fasilitas kerja fisik misalnya video games, tempat tidur, kafe, ruang pribadi, dan tempat terbuka.

Baca juga: Faktanya Karyawan Usia Produktif Tidak Bahagia Lembur

Bangun keterbukaan dengan karyawan

Hal ini harus Anda lakukan dari saat perekrutan karyawan. Anda sebagai orang yang akan meng-hire mereka harus memberikan kesempatan karyawan untuk terbuka. Kesalahan yang sering dilakukan HRD adalah selalu menyamakan persepsi HR kepada karyawan dan tidak memberikan kesempatan komunikasi dua arah. Bangun diskusi dengan karyawan apa yang akan didapatkan saat bekerja di perusahaan Anda. jabarkan nilai-nilai yang akan didapatkan jika bekerja di perusahaan Anda.

Sekian artikel tentang perhatikan hal ini agar karyawan betah. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Dampak Overthinking Bagi Karyawan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar