3 Cara Menjaga Motivasi Kerja Karyawan
Siker.id | 06 Apr 2022 17:30


Bagikan ke
Menjaga motivasi kerja karyawan. (siker)

siker.id - Secara garis besar, motivasi kerja karyawan adalah dorongan internal berupa semangat, antusiasme, serta komitmen yang dimiliki oleh karyawan dalam bekerja. Perusahaan perlu menemukan cara untuk meningkatkan motivasi kerja tersebut agar karyawan bisa bekerja secara lebih produktif. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa motivasi kerja tidak selalu muncul dengan mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Beberapa contohnya seperti memberikan kompensasi, menyediakan lingkungan kerja yang positif, dan lain-lain. Jika hal ini dilakukan dengan baik, produktivitas dan kinerja karyawan pun akan semakin meningkat. Berikut ini beberapa cara perusahaan bisa menjaga motivasi kerja karyawan agar bisa produktif.

Baca juga: Berikut 3 Tips Motivasi Diri saat WFH

Berikan kompensasi

Kompensasi dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas jasa atau pekerjaan yang telah dilakukan. Pemberian kompensasi ini bisa dalam bentuk fisik maupun non fisik, contohnya seperti pemberian tunjangan, THR, bonus, asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, cuti, jam kerja yang fleksibel, dan masih banyak lagi.

Berkomunikasi secara efektif

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan melakukan komunikasi dua arah. Perlu diketahui, rutin berkomunikasi dengan karyawan tidak hanya berdampak positif pada motivasi kerja, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan, loyalitas, serta kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan. Hal tersebut dapat terwujud karena komunikasi yang efektif berkontribusi pada perasaan dipercaya dan dihormati.

Baca juga: Berikut Kumpulan Kalimat Motivasi dari Tokoh Terkenal

Berikan pengakuan atas kontribusi karyawan

Salah satu faktor terpenting yang dapat meningkatkan motivasi karyawan adalah seberapa sering kerja keras mereka diakui. Perlu Anda tahu,ketika hasil kerja keras karyawan diakui oleh pimpinan perusahaan, motivasi dan kinerja karyawan dapat meningkat secara drastis. Pemberian bonus atas kinerja karyawan memang menjadi salah satu bentuk apresiasi yang bisa diberikan karyawan. Meskipun demikian, ucapan terimakasih atau feedback atas pencapaian yang diberikan karyawan tetap perlu dilakukan.

Sekian artikel tentang cara perusahaan menjaga motivasi kerja karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangkitkan Lagi Motivasi Kerja?


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar