4 Alasan Pentingnya Employee Engagement bagi Perusahaan
Siker.id | 06 Apr 2022 14:30


Bagikan ke
Pentingnya employee engagement bagi perusahaan. (siker)

siker.id - Employee engagement artinya adalah komitmen emosional yang dimiliki oleh karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Employee engagement saat ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena membawa berbagai dampak positif di perusahaan. Secara garis besar, employee engagement adalah sebuah komitmen emosional yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Keterlibatan karyawan memiliki peran penting bagi perusahaan. Karyawan akan bekerja tidak hanya untuk mendapatkan gaji namun juga untuk memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Lalu apa yang menjadi alasan employee engagement itu penting? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Teknik Wawancara yang Biasa Dipakai Perusahaan

Peningkatan produktivitas karyawan

Memiliki employee engagement yang tinggi berarti perusahaan Anda bisa memperoleh produktivitas yang tinggi. Karyawan akan merasa bersemangat dan tertarik dengan pekerjaannya serta ingin terlibat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Retensi karyawan yang lebih tinggi

Karyawan yang memiliki komitmen secara emosional dengan perusahaan pada umumnya tidak memiliki niat untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Hal ini terjadi karena saat karyawan mempunyai employee engagement maka mereka merasa dihargai dan diakui perusahaan. Selain itu mereka juga dapat melihat peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan karir di perusahaan tersebut.

Baca juga: 3 Jenis Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan

Daftar ketidakhadiran karyawan yang lebih rendah

Berdasarkan data yang diperoleh dari Gallup.com, perusahaan yang memiliki tingkat employee engagement yang baik memperoleh ketidakhadiran 41% lebih rendah dan peningkatan produktivitas sebesar 17%. Dengan demikian, tugas-tugas karyawan dapat selesai tepat waktu sesuai deadline. Selain itu, saat perusahaan memiliki tingkat ketidakhadiran karyawan yang rendah maka kolaborasi dan kerja sama tim dapat terlaksana dengan baik.

Menciptakan hubungan kuat dengan setiap karyawannya

Hubungan ini juga akan membuat karyawan untuk fokus kepada pencapaian yang ingin dituju, membangun kerjasama tim yang solid, serta tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pencapaian antar divisi.

Sekian artikel tentang alasan employee engagement penting bagi perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Alasan Perusahaan Perlu Menjaga Kesehatan Karyawan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar