Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Bekerja
Siker.id | 06 Apr 2022 13:57


Bagikan ke
Ramadhan Kareem (siker.id/freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id - Marhaban Yaa Ramadhan! Bagaimana dengan suasana bulan puasa di kantor kalian? Pastinya masih semangat ya sambil bekerja.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang cukup spesial bagi umat muslim bahkan juga untuk non muslim pun, karena semarak bulan Ramadhan dapat membawa banyak kegembiraan. 

Berikut ini ada beberapa tips agar puasa tetap lancar saat bekerja, jadi aktifitas di kantor tetap bisa dilakukan dengan tubuh yang fit plus ibadah juga tetap jalan dengan lancar. 

Baca juga : 3 Tips Memulihkan Diri dari Burnout

1. Sahur Jangan Sampai Terlewat!

Banyak orang yang mengeluhkan malas sahur, jangan sampai ini terjadi padamu. Sahur adalah waktu dimana kita mengisi amunisi untuk modal berpuasa di esok hari. Melewatkan sahur untuk tidur adalah pilihan yang buruk karena tubuhmu memerlukan nutrisi untuk beraktifitas esok hari.

Apalagi saat bekerja, tubuh tetap harus beraktifitas, pikiran juga harus tetap fokus agar pekerjaan selesai. Dengan melewatkan sahur, tubuh dan otak kurang energi dimana ini yang bisa mengakibatkan kamu lemas seharian.

Nah agar puasa tetap lancar saat bekerja ini yang paling utama adalah di bagian sahur. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat makan sahur agar tubuh bisa bugar untuk aktifitas seharian, seperti protein, karbohidrat (namun jangan berlebihan saat mengkonsumsinya), dan makanan berserat (sayur, buah-buahan).

2. Jangan Lupa Kebutuhan Air Minum

Salah satu hal yang membantu kita untuk tetap konsentrasi adalah keperluan akan cairan tubuh sudah terpenuhi. Air putih adalah salah satu kebutuhan tubuh yang paling utama, jangan sampai tubuh kurang cairan yang malah akan membuat tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi. 

Saat puasa, banyak orang yang mengeluhkan kurang minum, padahal kebutuhan minum 8 gelas sehari masih tetap bisa dilakukan dengan baik. Menurut Halodoc pemenuhan kebutuhan air bisa dilakukan dengan cara :

2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari, 2 gelas ketika berbuka puasa

3. Tidur yang Cukup

Kebutuhan tidur yang cukup akan membuat badan kamu merasa lebih segar walau berpuasa, hindari  begadang di malam hari untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Penuhi kebutuhan tidur dengan menjadwalkan tidur lebih awal karena akan terpotong saat sahur. 

Baca juga : Tips Menikmati Pekerjaan Walaupun Sering Ditekan

4. Istirahat

Di siang hari adalah tantangan terberat ketika puasa karena rasa lapar dan haus berada dalam puncaknya. Kamu bisa mengalihkan hal ini untuk beristirahat untuk beberapa menit di kantor, selain itu beristirahat beberapa menit bisa membantu kamu menghalau ngantuk.

Dengan beristirahat sejenak kamu bisa merasa lebih segar sehingga lemas-lemas di badan bisa dihalau. Gunakan waktu istirahatmu untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau melihat hiburan yang bisa membuat pikiran mu ter-refresh dengan baik.

5. Niat

Inilah yang menjadi kunci agar puasa bisa berjalan dengan baik. Apapun tantangan kamu di tempat kerja, dengan niat yang sudah tertanam dengan kuat maka tubuh dan hati akan tetap berusaha untuk tetap puasa dari sahur sampai berbuka.

Niatkan dalam hati bahwa kamu menjalankan ibadah dan semoga urusan di hari ini dilancarkan. Menggunakan niat untuk tetap bisa berpuasa dan bekerja membuatmu lebih kuat dan positif selama seharian.

6. Menu Berbuka

Setelah seharian berpuasa, hal yang dibutuhkan untuk berbuka adalah menu-menu yang menyegarkan dan mengenyangkan sehingga tubuh kembali fresh. Jangan lupakan kebutuhan akan sayuran, protein dan air putih untuk mengembalikan kondisi tubuh. Jangan lupa memakan kurma sebagai salah satu sunah sebelum berbuka puasa.

Dari beberapa tips diatas adalah memberikan tubuh asupan nutrisi yang dibutuhkan juga mengetahui tujuan dan niat berpuasa agar bisa melakukan aktifitas seharian dengan baik merupakan hal yang penting.

Sekian artikel tentang tips agar puasa tetap lancar saat bekerja, apabila anda menyukainya bisa dibagikan kepada kerabat, serta jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca juga : 3 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian